Mybothsides

Sunday, March 25, 2007

Daya Ungkit Dalam Bisnis

Salah satu kiat sukses terkenal adalah jika bisa mendapatkan leverage (daya ungkit) dalam berbisnis. Kata Newton, tak perlu jadi raksasa untuk bisa melihat dari tempat tinggi. Cukup jadi manusia biasa yang berdiri di pundak raksasa. Banyak sekali daya ungkit yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis: tokoh masyarakat, networking, media massa, investor, dll.

Saya baru 'ngeh' ada yang terlewat dalam pencarian daya ungkit, yang celakanya tidak bisa dibandingkan kehebatannya dari daya ungkit yang saya sebutkan sebelum ini. Yang tepat mungkin Mahadaya Ungkit. Yaitu Allah, Tuhan semesta alam. Jika Dia berkehendak bisnis kita bakal jadi yang terbesar di dunia, maka seribu satu penghalang tidak ada artinya. Jadilah yang menjadi kehendak-Nya.

Saya lalu terfikir tentang mimpi saya dan teman-temen untuk membangun Petakumpet menjadi The Most Admired Company in The World versi Fortune Magazine. Mmm... untungnya saya punya Allah. Cuma saya belum tahu bagaimana melobiNya agar merestui mimpi-mimpi ngawur saya dan menjadi daya ungkit terbesar untuk mewujudkannya menjadi kenyataan....

2 comments:

andika said...

luarbiasa bung arief... yg sy kagumi dr anda... konsiten dg bintang terang n bisa fokus. sy banyak belajar dr anda. sy se7... daya ungkit terbesar qt adalah kuasa Allah SWT. so... hidup sesuai ridlo Allah, menjalankan semua perintah dan jauhi larangan2nya... itu cukup utk mempercepat terkabulnya cita2 qt...

M. Arief Budiman said...

Makasih Mas, jk qta percaya sama Allah, maka Allah akan jauh lebih percaya pada kita. Tak ada yang tak mungkin selama Allah bersama kita. Tapi tanpa Allah, apapun yang kita lakukan akan sia-sia. Sukses terus Syafaat-nya :)