Mybothsides

Monday, September 15, 2008

Air Mata Dari Pasuruan

Di Pasuruan, kabar pilu itu menghentakkan hati saya. Seorang Haji Syaikon yang hendak membagikan zakat malnya mengundang orang-orang untuk datang dan membagikan 40 ribu rupiah seorang. Di rumah itu, di gang sempit orang-orang berdesakan. 21 orang meninggal, menghadap Sang Khalik di tengah massa yang berebutan.

Bukan, bukan saya ingin menyalahkan massa yang tak tertib dan tak sabar. Bukan juga menyalahkan H. Syaikon, Departemen Agama, Amil Zakat yang tak dipercaya atau kemungkinan kata tetangganya bahwa sang dermawan dalam kesehariannya ternyata pelit.

Tolong, ini adalah pelajaran besar yang diturunkan Allah di bulan suci ini. Mari kita melihatnya dengan hati bersih dan doa yang tulus semoga para korban diperkenankan Allah berisitrahat di surganya yang teduh. Dan Pak Haji yang membagikan zakat juga tak perlu menanggung siksa lama di penjara karena kecerobohannya.

Saya adalah penganjur utama sedekah. Jika saya punya rejeki lebih mungkin saya pun akan membagikan rejeki itu buat sesama yang lebih membutuhkan. Saat rejeki saya rasa tak cukup pun, saya terapkan ilmu kelimpahan sedekah untuk tetap berbagi semampu saya. Tapi jika suatu hari kealpaan menimpa saya - seperti yang terjadi di Pasuruan - saya hanya akan berpasrah.

Misalnya: saya menyumbang sebuah masjid dalam jumlah yang cukup signifikan. Masjid itu tak dibangun dengan maksimal kualitasnya. Saat hujan lebat datang masjid itu roboh menimpa jamaah yang sedang sholat di dalamnya sehingga jatuh banyak korban. Tentu saja saya akan merasa sangat berdosa meskipun tak ikut turut campur dalam teknis membangunnya. Saya akan datang memenuhi panggilan polisi jika memang diperlukan.

Hati saya gundah. Semoga bangsa ini dianugerahi kesabaran, sehingga tak gampang silau oleh rejeki tiban, sehingga tak berebut saat ada uang puluhan atau ratusan ribu gratisan di depan mata mereka. Semoga Allah juga menjaga kerendahan hati, sehingga tangan kiri kita bersedia tak melihat amal kebajikan yang dilakukan tangan kanan. Semoga peristiwa pilu di Pasuruan tak menyurutkan langkah kita untuk terus berbagi, berzakat dan bersedekah dengan cara yang lebih baik.

Saya hanya bisa berdoa semoga Allah menolong mereka yang menderita di Pasuruan, menghadirkan cahaya-Nya yang membahagiakan keluarga yang ditinggalkan serta mengampuni kealpaan yang bukan kejahatan. Janganlah saling menyalahkan yang makin memperkeruh permasalahan, marilah menggunakan hati nurani saat mencari solusi demi kebaikan bersama. Yang salah harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan tak perlu mencari kambing hitam yang tak tahu apa-apa.

Allah Maha Pengampun dan Maha Kaya. Jika kita percaya keagungan-Nya, Insya Allah bangsa ini akan terhindarkan dari bencana serupa. Amin ya Robbal 'Alamiin..

7 comments:

surauinyiak said...

walau bagaimanapun, kita harus berterima kasih kepada h. syaikhon dan para korban. karena, dg peristiwa yg menimpa mereka inilah, kita semakin tersadarkan akan pentingnya zakat dilakukan dg ikhlas dan profesional... :)

iman brotoseno said...

Aku malah berpikir..mudah mudahan ini bukan suzon,.Apakah kalau lewat Badan Amil Zakat, secara public relations tidak akan terekpose seperti kalau dilakukan sendiri..
Atau mungkin juga sindiran, pengelolaan badan badan seperti ini yang tidak jelas akuntablitasnya sehingga justru orang tak percaya menyalurkan lewat mereka.

OOT : Minggu depan aku ke Jogja, buka bareng yukk

Anonymous said...

apakah anda akan tetap ngeblog seandainya tak ada seorangpun yang membaca/menengok blog anda?

M. Arief Budiman said...

Iya, saya akan tetap nulis di blog. Blog ini hadir karena saya ingin berlatih menulis dan mengungkapkan pendapat, tidak masalah jika tidak dikunjungi satu orangpun. Saya kuatir justru ketika tulisan di blog ini tidak genuine lagi karena saya 'merasa' harus menyenangkan yang membaca yang berkunjung. Semoga tidak begitu...

M. Arief Budiman said...

Buat Mas Iman, ayo dunk buka bareng. Kapan ke Jogjanya. Kabari ya Mas, suwun :)

Griya Dharmapena said...

semoga bersedekah tidak perlu seremonial..

smallawei said...

震動環,潤滑液,情趣禮物,情趣玩具,威而柔,精油,逼真按摩棒,數位按摩棒,
情人節禮物,情人趣味用品珠,情人趣味用品
情人趣味用品愛蜜莉,情人趣味用品液
情人趣味用品轉,情人趣味用品娃,

G點,按摩棒,轉珠按摩棒,變頻跳蛋,跳蛋,無線跳蛋,

飛機杯,男用強精長軟質套,男用強精短軟質套,充氣娃娃性感內褲,
自慰套,自慰套,情趣娃娃,自慰器,電動自慰器,充氣娃娃,
情趣內褲,丁字褲,SM,情趣,情趣用品,巴黎,