Mybothsides

Saturday, November 24, 2007

Sukses itu Berbahaya

Kesuksesan adalah kegagalan yang tertunda. Entah kenapa saya kok menyenangi kutipan plesetan begini. Karena yang saya alami, kalo kita sedang sukses rasanya gampang banget merasa bangga. Merasa apa-apa bisa, merasa tak ada orang lain yang lebih baik dari kita. Dan setahu saya disitulah bahayanya. Karena formula kesuksesan sering tak bisa diulang, melainkan harus dipikirkan ulang terus menerus.

Kesuksesan tak pernah sempurna, makanya kita mesti waspada. Saat kita melewati sebuah tikungan dalam perjalanan ke masa depan, kita tak pernah tahu apa yang menunggu di baliknya. Kesuksesan adalah saudara kembar kegagalan: hanya bentuk dan rasanya yang tidak sama.

Jika saat ini Anda masih berkubang kegagalan, tersenyumlah. Jika saat ini Anda sedang menikmati kesuksesan, berbagilah. Kedua hal tersebut tak abadi. Saat situasi sebaliknya terjadi - baik pelan-pelan maupun tiba-tiba - kita tak lantas kaget, euphoria dan lupa diri. Dan jangan lupa bersyukur, inilah wujud kesuksesan yang sesungguhnya.

1 comment:

hendro said...

Betul, mas. Sukses adalah kegagalan yang tertunda. Orang tidak selamanya di atas. Hidup bagaikan roda pedati. Kalau tidak rendah hati dalam kesuksesan, maka kegagalan sudah menanti.