Skip to main content

Jualan Ide Segar


Buku pertama yang sedang saya tulis bukan tentang materi yang ada di blog ini. Survey kecil yang saya lakukan dengan pertanyaan di side bar ini: maybe that's for second. Yang membuat saya sangat bersemangat adalah kenyataan bahwa di negeri ini ada banyak sekali anak muda yang super kretif, cerdas bahkan jenius. Tersebar sampai ke pelosok desa. Kalo Anda pernah baca bukunya Andreas Herata Laskar Pelangi: banyak jenius yang karena tak dapat referensi dan arahan yang pas akhirnya hilang bibit jeniusnya dan jadi manusia rata-rata (mediocre). Bercermin dari apa yang saya alami, ongkos belajar dari nol itu sangat mahal. Trial and error yang saya alami dalam membangun bisnis kreatif telah menghabiskan ratusan juta rupiah, seriously.
Jadi saya memaksa diri untuk menulis tentang creative enterpreneurship buat anak-anak muda Indonesia, sejujurnya tak banyak waktu yang saya punya untuk menulis. Tapi saya melihat potensi luar biasa bagi masa depan Indonesia dari calon-calon wirausahawan yang masih ada di bangku kuliah bahkan di SMU dan SMP. Saya masih ingat bisnis pertama yang saya jalani waktu SMP adalah bikin desain t-shirt dan dibayar dengan satu t-shirt gratisan yang desainnya saya bikin. Saya ingin menghemat biaya belajar adik-adik kelas saya dengan sharing pengalaman manis maupun pahit yang saya lalui.
Jadi saya pasang rencana covernya disini, bukannya untuk gagah-gagahan. Tapi lebih sebagai upaya self pressure pada diri saya sendiri untuk segera menghadirkan buku ini kepada teman-teman semua. Dan emang tidak mudah, saya baru beranjak dari bab 3 dari rencana 12 bab isi dalamnya. Bab 4-nya masih nunggu beberapa data yang sedang disiapin, memang butuh waktu mengaduk-aduk beberapa file lama.
Btw, paling lambat 21 Maret 2008: saya akan melaunching buku ini dan teman-teman akan melihatnya ini di toko-toko buku terdekat, saya juga berharap versi e-booknya telah tersedia di website. Mohon dukungan dan doanya, terlebih karena saya ingin memecahkan rekor Tung Desem Waringin dengan menjual buku ini 11.000 exp pada hari peluncurannya.
Saya akan bahagia jika teman-teman mau memberikan sumbang sarannya, mumpung buku ini masih on progress. Terima kasih sebelumnya.

Comments

Anonymous said…
aku inden mas, hehe..
heruw said…
aku juga..!!!! (angkat tangan tinggi-tinggi)
Anonymous said…
heru g usah mas, dia blum lancar membaca.
Anonymous said…
Mas, kalo udah didistribusiiin, mohon kasi info ya?

Saya sangat tertarik dengan ide anda.

Saya pun ketika sehari setelah wisuda dihadapin pada 2 pertanyaan besar.

Apakah ingin berpenghasilan tetap atau Ingin tetap berpenghasilan?

Saya akhirnya memilih opsi kedua. hehehe.

mohon info lebih lanjut ya. SMS ke 081342226000 atau e-mail saya di myilman@gmail.com

Salam sukses buat anda dan team

Ilman Ramli
Anonymous said…
mau berguru.... supaya bisa kreatif...
sahid said…
udah beli..udah beli....
saking serunya baca sampe gak terasa udah jam 3 pagi....


ngangkat jempol tinggi2..4 jempol...

ngangkat jempolnya sambil tiduran...
baru sehari beli..bukunya udah langsung kucel...keitduran pas baca, dan jadi korban dilempar2 pas lagi tidur...mmm...

seru...

mari belajar menulis biar hasilnya keren kayak buku ini...


mmm...
salut deh..
halu mas...setelah membaca buku jualan ide segar saya sangat ngefans sama mas,basa-basine...hwe5..saya mau konsultasi mas arif, saya mau buka biro desain di malang, pastinya cuma modal 0+pengalaman saya kerja di ad.agency..tantangannya: di malang itu kebanyakan konsumen tahunya desain tu gratis, dan banyak advertising yang bangga jual desain secara gratis, jadi saya semangat saya sempat kendur mas..apalagi teman2 banyak yang bilang susah bikin biro desain dimalang, untuk sementara saya ikut strategi mas yang ngiklan lewat fax, mugo2 ngefek...tolong kasih solusi mas ya agar biro desain saya bisa bersaing dengan advertising yang menjual harga diri desainer grafis itu, matur suwon sanget mas..nami kulo DARTO, nama desain biroku kopi hitam,hwe5...jenenge maot ndak mas?mesti jawabane ora..matur suwon-matur suwon...nyuwon balesane yo mas (085735464702/warungkopihitam@gmail.com/secangkirkopihitam@ymail.com)
fun88indo said…
bagus bos buat artikelnya dan sangat mantap dan menarik
makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

Popular posts from this blog

Kunci Sukses Bisnis (3)

Sempat terjadi dalam periode kehidupan saya saat awal-awal bersama teman-teman memulai Petakumpet, waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Hari-hari itu begitu melelahkannya, rasanya tak kuat saya menyelesaikan begitu banyak tanggung jawab menyangkut komunitas, pekerjaan, kehidupan persoanl saya yang berantakan. Saya pun mengadu pada Allah,"Ya Allah, jika sehari bisa lebih dari 24 jam rasanya saya akan punya kesempatan lebih banyak untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya..." Tapi rasanya Allah tak mendengar doa saya. Atau saya nya yang tak punya kemampuan mendengarkan-Nya. Pekerjaan seperti nya mengalir tak habis-habis, ada duitnya emang, tapi duit nya pun mengalir lancar keluar tak pernah terpegang barang sebentar. Hidup saya begitu capeknya, badan pegel-pegel tiap malam, Sabtu Minggu pun dihajar pekerjaan. Saat-saat seperti itu, saya melihat buku karangan Stephen Covey The Seven Habits of Highly Effective People di Shopping Center (pusat buku murah) Jogja. Dengan

Jadual Diskusi dan Bedah Buku

Berikut beberapa jadual diskusi, talk show atau bedah buku yang udah masuk di Bulan Ramadhan (September) sekaligus menjawab beberapa imel yang menanyakan ke saya kapan ada diskusi buku Jualan Ide Segar: Bedah Buku Jualan Ide Segar (M. Arief Budiman) dan Mata Hati Iklan Indonesia (Sumbo Tinarbuko) di Diskomvis FSR ISI Yogyakarta. Kamis, 11 September 2008 jam 15.00 - 18.00 WIB. Juga menampilkan Sujud Dartanto sebagai pembahas. Untuk Mahasiswa ISI Jogja dan Umum (Free) Ngopi Bareng Penjual Ide Segar di Melting Pot, Sabtu, 13 September 2008, 20.00 - 22.00 WIB, Untuk Umum HTM Rp 15.000,- (Free 1 cup Coffee) Sarasehan Keajaiban Berbisnis Ide di ADVY (Akademi Desain Visi Yogyakarta), Senin, 15 September 2008, 09.00 - 12.00 WIB, untuk Mahasiswa ADVY (Free) Yang segera menyusul adalah Diskusi dan Bedah Buku di Jurusan Komunikasi UGM, semoga juga bisa terlaksana di Bulan September ini. Buat temen-temen silakan hadir untuk meramaikan proses belajar kreatif yang tentu saja sangat fun dan menyena

Filosofi Ember

Mengapa kita yang telah bekerja keras dari pagi buta sebelum subuh sampai lepas Isya' bahkan larut malam sampe rumah, tapi rezeki tetep seret? Mengapa kita telah membanting tulang sampai capek-capek pegal tapi ATM  tetap kosong dan tiap tengah bulan keuangan masih minus? Mengapa uang yang puluhan tahun kita kumpulkan sedikit demi sedikit tiba-tiba habis tandas didongkel maling saat kita pergi? Mengapa kita sakit-sakitan tak kunjung sembuh? Mengapa hidup ini makin lama makin sulit kita jalani dan rasa-rasanya kebahagiaan itu cuma milik orang lain dan bukan kita? Saya mengalami sendiri sulitnya mencari jawaban, saat pertanyaan di atas tak sekedar memenuhi kepala saya tapi menyatu dalam setiap tarikan nafas saya. Rasa bingung itu, capek itu, gelapnya perasaan saat membentur dinding yang tebal dan tinggi, sesak nafas saat masalah-masalah memuncak. Pencarian itu membawa saya pada sebuah benda: ember .  Ember? Kok? Bagaimana bisa ember menjawab persoalan seberat