Mybothsides

Saturday, December 10, 2005

My Beloved Company

Perusahaan anak muda ini berangkat dari sebuah komunitas Mahasiswa Desain Komunikasi Visual FSR ISI Jogjakarta Angkatan 1994. Terbentuk pertama kali sebagai sebuah komunitas beranggotakan 25 mahasiswa pada 1 Mei 1995 di sebuah studio kecil di Pakuncen Yogyakarta. Menjadi lebih serius pada September 1999 dengan 5 orang pemegang saham, yang semuanya berangkat tanpa modal. Hanya 2 buah komputer 386 DX, satu scanner, satu printer dan satu kompresor. Di sebuah rumah kontrakan kecil di desa Sorowajan. Kini Petakumpet telah tumbuh menjadi sebuah Perseroan Terbatas dengan 32 staf dan lebih dari 250 klien.

Beberapa klien besar yang ditanganinya adalah PT. Lokaniaga Adipermata dengan brand Djarum Super, LA Lights, Djarum 76, Djarum Coklat, Djarum Black, Inspiro, Senior, dll. Juga Ambarrukmo Plaza, PT. Formula Land, Kedaulatan Rakyat, MMUGM Yogyakarta, Goedang Musik Yogyakarta, Skuadron Udara 2 AURI Jakarta, CV. Magetan Putra Yogyakarta, Computa, PT. Sutanto Arifchandra Purwokerto (Kabel Kitani), Dynasti Group Purwokerto, dll.

Core business Petakumpet adalah Advertising. Layanan yang tersedia: pembuatan kampanye promosi above & bellow the line, Corporate ID. (Logo, Brandname, Stationery Set, Etc.), Media Placement, dll. Kami juga mempunyai beberapa divisi yang mendukung, terdiri dari: Graphic Boutique: Annual Report, Brochure, Poster, Calendar, Catalogue, Book, Postcard, Invitation, Packaging, dll. Multimedia: Web Design, Interactive CD, CD Presentation, Opening Tune, Credit Title, Short Animation, dll. Illustration: Manual Drawing, Digital Drawing, Comic, Story Board, dll. Layanan kreatif satu atap ini biasa disebut Advertising Plus, yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi market klien dengan ide-ide segar yang sellable serta didasari konsep yang kuat di belakangnya.

Dalam perkembangannya, Petakumpet mencoba semakin mengokohkan keberadaannya, terutama di wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya sebagai salah satu biro iklan yang menonjol kemampuan kreatifnya. Ini dibuktikan ketika Petakumpet berhasil memboyong award paling banyak (9 award) dalam Pinasthika Widyawara 2003, sebuah ajang kreativitas bergengsi industri periklanan yang diadakan oleh PPPI Pengda DIY bekerjasama dengan SKH Kedaulatan Rakyat. Tahun berikutnya (2004) kembali menyabet 7 award. Dan tahun 2005 ketika Pinasthika Ad.Festival tumbuh menjadi event kreatif nasional dengan keikutsertaan biro-biro iklan Jakarta non afiliasi, Petakumpet terpilih sebagai Agency of The Year dengan membawa pulang 20 award (6 gold, 6 silver, 3 bronze, 3 the best, 1 bronze young film director, 1 bronze KR best of print)

Masih ada beberapa mimpi yang akan terus diperjuangkan. Mendapat award di Citra Pariwara. Lalu di Adfest. Clio Award. Petakumpet selalu terpanggil untuk mematangkan kemampuannya dan bersaing secara sehat dengan biro iklan lainnya. Syukur-syukur jika suatu hari nanti Petakumpet bisa nongol jadi covernya Fortune Magazine sebagai The Most Admired Company. Beberapa orang menyebut cita-cita setinggi ini sebagai mimpi di siang bolong. Sebagian menyebutnya khayalan. Kami menyebutnya kreativitas, yang dijalani dengan kegembiraan.

Visi Petakumpet adalah: membuat hidup lebih menarik dengan terus menciptakan ide segar. Setiap hari. PT. Petakumpet berkantor di Gedongkiwo MJ I No. 1001 Yogyakarta-55142, Telp. 0274-373847 (Hunting), Fax. 450711, Email:
marketing@petakumpetworld.com, www.petakumpetworld.com.

No comments: