Mybothsides

Thursday, January 4, 2007

Review 2: Kenapa Ada yang Tanpa Pemenang?

Dalam Mybothsides Award 2006 ini ada 2 kategori yang tidak ada pemenangnya. Yaitu: Buku Paling Enak Dibaca dan Penyanyi/Grup Musik Terbaik Untuk Teman Mendesain. Ada seorang teman yang menanyakan lewat comment-nya. Jadi saya akan coba menjawabnya, dengan membuka sedikit rahasia.

Buku adalah teman saya yang paling penting, standar saya atas kualitas sebuah buku sebagai bahan bacaan tinggi sekali. Buku-buku terbitan Indonesia yang masuk nominasi Mencari Tuhan Yang Hilang (Ust. Yusuf Mansyur), Filosofi Kopi (Dewi Lestari), Pemimpi (Andrea Hirata), Pelatihan Sholat Khusyu' (Abu Sangkan), Inilah Presiden Radikal! (Eko Prasetyo) adalah buku yang bagus. Tapi sayangnya saya belum ketemu yang bikin saya sangat inspired. Meskipun saya menyukai cerpen Filosofi Kopi, tapi secara keseluruhan isi bukunya tidak sekuat cerpen andalannya itu. Alhasil, saya harus merelakan kategori ini tanpa pemenang. Saya akui ini karena saya egois. Apa boleh buat, book is the most important part of my live.

Tentang Penyanyi/Grup Musik Terbaik Untuk Teman Mendesain, saya mula-mula sempat bingung karena memang (Opick, Iwan Fals, Peter Pan, Jeffry Al Buchory, Kyai Kanjeng) ini adalah koleksi yang paling banyak saya bunyikan akhir-akhir ini. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, pengaruhnya tidak sedahsyat musik yang saya dengarkan sebelumnya macam Said Effendi yang beraliran melayu klasik (lagunya yang versi mp3 susah banget nyarinya) atau Lighthouse Family (sekarang malah kabarnya bubar). Saya memang mulai jarang mendesain, tapi jika mood-nya lagi dapet sering juga merebut kerjaan kreatif kayak anak kecil minta permen. Musik juga merupakan elemen penting untuk membuat saya comfort mendesain. Untuk menjaga ritme hati agar makin tune in dengan proses kreatif yang sedang saya lakukan.

Mungkin ini peluang bagus buat para musikus: bikin dunk musik asyik buat teman mendesain. Jika emang keren di telinga dan sejuk di hati, Insya Allah saya beli satu yang original deh.. Bukan yang bajakan ;)

4 comments:

Anonymous said...

herdilagi..pak bales email ku donk
btw, aq mau usul buku walau telat.
coba deh baca novel ayat-ayat cinta (habiburrahman el shirazi. ini udah dpt penghargaan nasional lho..
kalo musik, mkn nanti aq kasih yg beda

mina said...

yap Lighthouse Family bubar tahun 2003. padahal nyaman banget musiknya dan vokalnya.

M. Arief Budiman said...

Wah, sayang sekali ya Mbak Mina.. Makanya saya sempet heran, beberapa bulan lalu saat liat album barunya Tunde (vokalisnya Lighthouse). Saya pikir doi cuma refreshing, ternyata emang bubar to.. Nasib deh :(

andika dwijatmiko said...

kalo lagu-lagunya bryan adams nggak pada suka ya.... homeland, run free, rain... kayaknya bisa bikin semangat....

mas arief, blog anda bagus... saya suka!