Mybothsides

Tuesday, January 2, 2007

Review 1: Blogger Paling Inspiratif


Tahukah anda kalau pepaya, selain dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan, melunakkan daging sapi, menggeser lemari dan menghitamkan rambut; bijinya jika ditanam dapat tumbuh menjadi pohon pepaya?

- Salah satu kutipan di blognya Herman -


Kenapa harus Herman yang menang award tahun ini?

Sebenarnya sih kandidat yang bertarung keras adalah blog Herman, Wahyu Aditya dan Ecodezign. Urutan kedua dan ketiga ditempati Wahyu Aditya & Ecodezign. Blog Menteri Desain Indonesia ini unggul pada keunikan idenya dalam meredesain pernak-pernik logo atau elemen penanda lainnya sehingga tampil baru, lebih fresh. Kelemahannya pada eksekusi yang kurang maksimal, meskipun beberapa saya lihat cukup pas dari sudut pandang desain. Salah satu yang sepertinya diimplementasikan beneran adalah logo RRI. Btw, Wahyu Aditya presiden-nya Hellomotion ini teman saya sesama finalis IYDEY 2006 lalu. Trus kenapa?
Mbuh ya, he he he ;)
Eko (Creative Head Petakumpet) tulisannya sederhana tapi sungguh terasa soul-nya. Saya ngerasanya begitu. Hal yang ruwet-ruwet jadi nampak simple, ringkes dan mudah dicerna. Dari bentuk ungkapnya lewat tulisan maupun image, terasa jarak yang memisahkan hasil renungannya dengan realitas yang dihadapinya. Ruang hening itu yang membuat saya inspired.
Tapi blog Herman menyajikan suatu hal yang absolutely different: Sudut pandangnya sering membuat saya terperanjat. Coba dibaca lagi lead di awal tulisan ini: gayanya yang serampangan sering membuat saya tersenyum kecut atau tertawa terbahak-bahak. Tidak semua postingnya saya suka dan setujui: tapi inilah realitas bahwa perbedaan adalah jembatan emas untuk sebuah tegur sapa. Herman juga salah satu pemicu kenapa di akhir tahun 2005 saya ikut-ikutan bikin blog setelah dikomporin sama Eko dengan postingnya tentang plesetan foto Mayangsari-Bambang menjadi SBY-Roy Suryo. Posting ini fenomenal karena Herman sempat didatangi polisi di kantornya. Tentu bukan buat minta diajari bikin blog.

Jumat malam lalu saya ketemu Herman yang saya undang dalam acara Petakumpet. Sebagai sesama blogger, itu adalah pertemuan yang membahagiakan. Saya putuskan Herman sebagai pemenang bukan karena saya barusan ketemu. Atau karena angka sitemeter blognya sudah mencapai lebih dari 130.000.
Saya memilihnya karena saya kagum ada anak muda gendut yang sekilas nampak pemalu: ternyata punya jutaan volt ide aneh di otaknya. Ini memaksa saya untuk mengkorup beberapa tahun umur saya: agar muda kembali. Agar jadi anak-anak lagi. Agar bebas berkhayal lagi. Agar tahun depan bisa bersaing untuk kategori ini. Tapi trus jurinya siapa dunk?

2 comments:

Syah said...

wah mas.... penggemar blognya herman yah? sama dong...
btw, lam kenal mas...

Herman Saksono said...

Terima kasih untuk awardnya mas :) Semoga saya mampu menanggung beban ini... Hehehehe