Mybothsides

Saturday, August 15, 2009

Kreativitas Dalam Keterbatasan

Beruntunglah orang-orang yang karena kondisinya (psikologis, ekonomi, sosial) berada dalam keterbatasan. Dianugerahi masalah, kesulitan, tantangan. Tak banyak orang yang bersedia menanggung kehidupan seperti ini, tapi jika hal-hal yang tidak menyenangkan itu hadir - atas kehendak Allah - tak ada satupun yang akan mampu menolaknya.

Di dunia ini, tak ada orang yang tidak punya kesulitan. 

Beberapa hari kemarin, ada angin puting beliung dan banjir melanda Taiwan, 500 orang tewas. Siapa saja korban-korban yang tewas itu sehari sebelum kejadian? Siapa saja ribuan pengungsi yang harus meninggalkan semua hartanya demi untuk menyelamatkan diri?

Sehari atau bahkan beberapa jam sebelum musibah hadir, mungkin mereka adalah pengusaha sukses, anak sekolah yang ranking satu, preman penguasa terminal, pengembang mall terbesar, konglomerat pemilik bisnis, polisi teladan, wakil rakyat dan mereka yang oleh masyarakat dan media massa digolongkan sebagai orang-orang yang 'sukses' hidupnya. 

Tapi nasib berubah 180% hanya sekejap mata. Apa yang dicari susah payah puluhan tahun hilang begitu saja diterjang bencana. Konglomerat dan gelandangan yang tenggelam dalam air bah punya kemungkinan selamat yang sama. Sang konglomerat tak bisa menggunakan Mercy-nya saat bernafas aja susah, konglomerat tak bisa menghubungi koleganya yang jadi Menteri karena hpnya basah dan konslet. Konglomerat tak bisa minta petugas security yang digajinya, manajer operasional hotelnya, wakil rakyat yang dulu disumbangnya saat kampanye untuk menolongnya saat timbul tenggelam.

Lalu apa bedanya dengan sang gelandangan yang memang dari dulu tak punya apa-apa, dia malah tidak harus bingung untuk minta tolong karena memang tak punya teman dan kolega sebanyak sang konglomerat.

Orang-orang besar dengan ide orisinal luar biasa yang akan mengubah dunia, jarang sekali berasal dari orang-orang yang mapan, yang kaya, yang semua keperluannya tercukupi. Beethoven tuli telinganya. Oprah Winfrey pernah diperkosa saat kanak-kanak. Yusuf Mansur pernah dipenjara 2 kali sebelum jadi Ustadz yang menginspirasi. Thomas Alva Edison dikeluarkan dari sekolah.

Keterbatasan, masalah, kesulitan hidup akan mengasah diri kita seperti mesin yang menggosok batu hitam menjadi intan yang kemilau. Prosesnya menyakitkan, perih dan tidak semua bisa tahan sampai hasilnya terlihat. Banyak yang menyerah, tak tahan menderita. Banyak yang sibuk menyalahkan orang lain dan tidak belajar dari anugerah Tuhan yang luar biasa itu. Kita semua punya batu hitam calon intan di dalam diri kita masing-masing, seringnya kita tak sadar dan tak mau menggosoknya agar berkilau.

Ketika masalah datang, kreativitas kita mandeg justru saat seharusnya bisa tumbuh. Saat kesulitan rasaya tak terpecahkan kita memilih menyerah karena itulah pilihan yang paling mudah. Saat tantangan yang lebih besar hadir menghadang di depan mata, kita lari menjauh 'menyelamatkan' jiwa kita yang kerdil. 

Beruntunglah orang-orang yang karena kondisinya (psikologis, ekonomi, sosial) berada dalam keterbatasan. Dianugerahi masalah, kesulitan, tantangan. Karena dia tidak perlu menyiapkan mentalnya untuk pura-pura susah, pura-pura lapar, pura-pura menderita untuk mampu mendapatkan ide-ide besar. 

Tapi jika Anda  temasuk orang-orang yang hidupnya lancar, sukses, kaya luar biasa: masih ada kesempatan untuk jadi orang besar. Dengan menemani mereka yang kekurangan. Dengan berbagi. Dengan turun ke jalan dan menggunakan kesuksesan, kekayaan, anugerah Tuhan itu untuk menjadi berkat bagi mereka yang lama diabaikan. 

Selamat menyiapkan diri memasuki Ramadhan, siapa tahu Ramadhan yang segera tiba ini adalah Ramadhan kita yang terakhir.

3 comments:

eruan said...

lho kok paragraf trakhirnya masih sama? pesan itu kan udah kita pake buat ILM ramadhan pak:) hehehehe

滿天星花語 said...

............☆
...........****
..........******
.........********
........**********
......*************
.....*****HAPPY***
....*****************
...*******************
..*********************
...........****
...........****
...........****


HI:nice to meet you!

Thanks to friends all over the world to Taiwan to help the flood of support and also wishes everyone peace and happiness!

Food:
chocolate,彌月蛋糕,乳酪蛋糕
巧克力,蛋糕,中秋禮盒

Accommodation:
MOTEL,汽車旅館,台中汽車旅館

Clothing:
日系服飾,服飾批發,流行服飾

Housing:
法拍屋,法拍屋,法拍

Automotive:
大樓隔熱紙,汽車隔熱紙,隔熱紙

Health:
保健食品,樟芝,納豆

Marriage:
外籍新娘,大陸新娘,越南新娘
外籍新娘,大陸新娘,中國新娘

pet:
柴犬,哈士奇

Kitchenware:
室內設計,室內設計作品,歐化廚具,廚具
系統櫃,系統傢俱,傢俱,裝潢,廚具工廠

cleaning:
清潔公司,seo,網路行銷,網路行銷seo

yoga:
瑜珈,瑜珈教室,瑜珈補習班
瑜珈教學,瑜珈教室,高雄瑜珈

travel:
墾丁旅遊網,墾丁旅遊,高雄縣旅遊,高雄縣旅遊
阿里山旅遊,高雄旅遊,日月潭旅遊
高雄旅遊 墾丁旅遊
高雄旅遊 墾丁旅遊

cc22 said...

性感睡衣,情趣睡衣,性感內衣褲,性感內衣,內衣,性感內褲,C字褲,內褲,
情趣,情趣用品,巴黎,

性感貓裝,性感睡衣,貓裝,吊帶襪,情趣內褲,丁字褲,SM道具,SM,
G點,按摩棒,轉珠按摩棒,變頻跳蛋,跳蛋,無線跳蛋,

飛機杯,男用強精長軟質套,男用強精短軟質套,充氣娃娃,男性性感內褲,性感內褲,
自慰套,自慰套,情趣娃娃,自慰器,電動自慰器,充氣娃娃器,
角色扮演,角色扮演服,

震動環,潤滑液,情趣禮物,情趣玩具,威而柔,精油,逼真按摩棒,數位按摩棒,