Mybothsides

Sunday, June 8, 2008

Ilmu Itu Gratis

Saya ingin sekali menjadikan segala yang bernama ilmu pengetahuan bisa digratiskan dan dimanfaatkan oleh kita semua dengan cara yang semudah-mudahnya. Sehingga negeri ini semakin cepat maju, dan mampu mengejar ketertinggalannya dari kereta masa depan yang terus melaju kencang. Saya percaya, untuk maju secara moral maupun pengetahuan: kuncinya adalah penguatan bidang pendidikan. Lewat jalur sekolah (formal) maupun di luar sekolah (non formal)

Tapi saya juga tidak sedang menentang sekolah-sekolah yang mewajibkan bayaran pada murid-muridnya, asalkan nilainya juga sewajarnya. Jika berlebihan bahkan sampai tak mampu dibayar, tentu dholim namanya.

Saya mulai mencoba dengan berbagi beberapa materi yang pernah saya presentasikan di beberapa kampus, sekolah-sekolah maupun beberapa catatan pribadi yang mungkin berguna dengan cara di-download gratisan. Dikopi sebanyak-banyaknya, disebarin sebanyak-banyaknya.

Memang yang saya bikin belum seberapa dan manfaatnya pun juga belum jelas buat Anda para pembaca blog saya yang tercinta. Saya adalah faqir ilmu yang sok kaya pengalaman (Lho, kok malah bangga!?!?).

Tapi saya mencoba, dan saya berharap Anda yang punya ilmu pengetahuan yang layak dibagikan: bersedialah untuk memberikannya kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, yang karena sebab tertentu tak bisa mendapatkannya di bangku kuliah atau bangku sekolah.

Jadi silakan dinikmati sajian download gratisan di sebelah kanan ini. Semoga saya pun masih dikaruniai Allah kekuatan yang cukup untuk terus menghasilkan apapun yang bisa membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Sekaligus membuat Anda para pengunjung setia blog ini menjadi lebih bijak menjalani kehidupan yang sementara ini.

3 comments:

Anonymous said...

setuju ilmu gratis, tapi yang mengetikkan ilmu di warnet atau di rumah harus mampu sanggup bayar koneksi dan bisa makan, keluarganya juga harus bisa makan dengan layak. sama halnya muadzin, harusnya mereka di jamin urusan perutnya karena telah mengingatkan orang lain untuk sholat

- paidjo gak punya blog -

M. Arief Budiman said...

Terima kasih Mas. Untuk mereka yang telah berbuat kebaikan, Allah tidak tidur. Sungguh, Allah tidak tidur...

sahid said...

ilmu gratis sepertinya dapat membebaskan diri dari sebuah sistem pendidikan antah barantah di negeri ini. ijazah bukanlah jaminan penuhnya ilmu dan akhlak dalam otak. dan pandangan bahwa dengan mengejar ilmu seperti itu, tidak ada "jaminan", walopun sebenarnya jauh lebih menjamin. salut!!!!!