Mybothsides

Friday, July 27, 2007

Menuju Titik Terang

Beberapa minggu terakhir ini saya menghabiskan malam-malam panjang saya untuk memasuki dunia yang sebetulnya bukan hal baru: internet. Fokus saya satu: bisnis kreatif seperti yang dibangun oleh Petakumpet saat ini akan saya duplikasi 'wujudnya' sehingga tersedia di website dan bisa diakses oleh siapapun di bagian bumi manapun. Setiap proses bisnis dari penawaran, presentasi termasuk pembayaran: semuanya bisa ditangani lewat internet. Sejujurnya, saya merasa agak terlambat untuk take action di wilayah ini. Menyesuaikan infrastruktur di internal Petakumpetpun bukan hal mudah, meskipun saya yakin bisa. But I'm taking action now. It will take time for a while, but this is the right track.

Going global mungkin terlalu muluk, tapi saya yakin: masa depan bisnis Petakumpet berada di dunia internet. Saya yang aslinya gaptek jadi mesti berkeringat mempelajari banyak hal termasuk teknis dasar website, web counter yang saya cek tiap malam untuk memastikan bahwa setiap posting, setiap perubahan desain, penambahan link, warna yang saya pilih untuk blog atau web dan elemen-elemen web lainnya memberikan sumbangan untuk makin banyaknya pengunjung.

Saya juga sedang berfikir untuk men-translate seluruh materi di blog saya ini dengan bahasa Inggris, tapi itu bisa menyusul. Yang paling urgent adalah melaksanakan integrasi dari seluruh situs dimana saya terlibat di dalamnya sehingga proses maintenance-nya bisa simple, efektif dan kontinyu. Situs harus terlihat hidup, terasa denyut nadinya dan dynamic changes adalah hal terpenting yang menarik para netter untuk berkunjung. Syukur-syukur bisa dimaksimalkan sebagai business tools yang meningkatkan revenue.

Saya selalu over spirited setiap kali memasuki hal baru untuk belajar maupun berkembang: rasanya energi tak habis-habis. Di kalangan internal, saya termasuk telat bikin blog. Saya juga merasa ndeso dan katrok ketika baru ngeh untuk berfikir serius tentang internet di 2007. Kemarin-kemarin saya ngapain aja?

Tapi saya percaya: setiap hal yang saya lalui dan jalani (baik atau buruk) memberikan sumbangan postif bagi pemahaman saya dalam menjalani hidup ini. Mungkin siapnya baru sekarang: jadi jalan yang saya lalui tidak tiba-tiba terang. Dari gelap pekat perlahan muncul semburat cahaya yang saya ikuti dengan tertatih-tatih, tapi saat Allah menerbitkan kuasa-Nya dengan kun fayakun: cahaya itu hadir menerangi jalan dan menghangatkan tubuh lelah saya yang terus melangkah.

Sekarang saya siap berlari di jalur super cepat: melesat menuju titik terang. Hello world, i'm coming ;)

3 comments:

topeng said...

Slamat datang di dunia pak arief... :)

lama tidak nengok blog anak-2 pu, ternyata yang akses hanya beberapa saja ya... oya, banyak banget billboard yang isinya kadang 1 produk ato jasa tapi beda merek, mis-nya iklan hypermart & carrefull, yang masang iklannya sebelahan kanan kiri, berharap PU bisa punya karyanya di Jak :)

bebek said...

wahh "go internet" ya pak... selamat deh.
dan web PU-nya keren.. semoga lancar dan bisa menjadi salah satu ceo yang sukses.. :D

fahroniarifin said...

Jangan lupain jualan offline-nya lho mas. Sergey & Larry, bosnya Google yang sekarang jadi penguasa internet saja masih melakukan sebagian besar lobby bisnisnya lewat kopi darat. Internet memang forthcoming sampai kapanpun dengan evolusi bentuknya, sangat layak dijadikan medan perang tapi hati-hati dengan jebakan dan kadang ketidakefektifannya. Sukses selalu!