Skip to main content

Refleksi Isra’ Mi’raj untuk Bisnis

Cerita tentang Isra’ Mi’raj sering hanya diterima umat Islam sebagai peristiwa agama semata-mata, utamanya tentang perjalanan Rasulullah untuk menerima perintah sholat. Padahal begitu banyak dimensinya, begitu banyak ilmu yang terkandung di dalamnya. Dari ilmu iman, ilmu pengetahuan (fisika, kimia, biologi), ilmu sosial dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan memperingati Isra' Mi'raj kali ini, saya ingin menggali hikmahnya dari sudut pandang ilmu bisnis.

Puncak Duka yang Mengetuk Pintu Langit-Nya

Peristiwa Isra’ Mi’raj, dimulai beberapa saat sebelum itu, yaitu ketika terjadi peristiwa Amul Huzn, atau peristiwa duka cita yang sangat masyhur dalam sirah nabawiyah. Peristiwa itu adalah di mana meninggalnya paman Nabi Muhammad, Abu Thalib dan istri Rasulullah, Khadijah dalam waktu yang sangat berdekatan. Sehingga, duka seolah-olah mencapai puncaknya dalam hidup Rasulullah.

Sepeninggal Abu Thalib, orang-orang Quraisy semakin berani mengganggu dakwah beliau. Maklum, karena pamannya lah yang selama ini menjadi benteng bagi gangguan orang-orang kafir Makkah. Puncaknya, adalah ketika beliau pergi ke Thaif untuk berdakwah. Tapi, penduduk Thaif justru memperlakukannya dengan amat sadis dan lebih kejam dari apa yang dilakukan oleh penduduk Makkah. Beruntunnya kesedihan demi kesedihan yang Rasulullah terima, membuat periode tersebut disebut dengan Amul Huzn.

Dengan sisi manusiawinya Rasulullah seperti itu - kesedihan, pemboikotan dari orang-orang Mekah - Rasulullah tetap memilih untuk percaya bahwa Allah tidak akan pernah meninggalkan beliau.

Mengutip Aa’ Gym, iman yang tertinggi itu manakala kita sudah berusaha semaksimal mungkin, sudah berdoa tidak berhenti-berhenti, sudah shalat tahajud tiap malam, shalat dhuha juga setiap pagi, tapi dalam jangka waktu yang sangat lama itu, tidak ada tanda-tanda dan sinyal dari langit bahwa segala doa dan upaya kita itu diterima-Nya. Jadi, seolah-olah kita berpikir, Allah itu apa terlalu sibuk ya, kok kita begitu lamanya dicuekin.

Ya, mungkin situasi seperti itu pulalah perasaan manusiawi yang dialami oleh Rasulullah. Yang kemudian dilakukannya adalah upaya untuk memantaskan diri agar disapa lagi oleh Rabb-Nya. Rasulullah terus meningkatkan iman dan taqwanya dalam kondisi batin yang penuh kedukaan, sampai pada titik tertentu – pada tipping point-nya - kemudian Allah menyiapkan sebuah perjalanan agung yang disebut Isra’ dan Mi’raj.

Refleksi pada Dunia Bisnis

Merefleksikan Isra’ Mi’raj ke dunia bisnis, sesungguhnya kita akan selalu mengalami periode bisnis yang naik dan juga turun. Nah, di masa ketika bisnis mengalami periode yang turun seperti itu, yang hadir adalah masalah yang datangnya tidak datang satu saja. Tidak seperti itu. Terkadang, masalah itu cuman satu, tapi temannya banyak sekali. Rombongan. Habis ditipu. Lalu pekerjaan dikomplain. Lalu mobil kecurian. Masih belum hilang sedihnya, kantor kebakaran.

Ini mirip dengan peristiwa saat kita melewati sebuah kampung, terus di sana ada seseorang yang meninggal. Eh, kita lewat kampung yang lain di hari yang sama, juga mendapati ada lagi orang meninggal. Lewat kampung sebelahnya lagi, ada yang meninggal lagi. Kali ini malah tiga dalam satu kampung. Nah, seperti itulah masalah. Dia datangnya dalam satu rupa, tapi temannya banyak. Kalau kita mengalami kesusahan, itu masalah nggak datang sendiri.

Kalau kita ingin mendapatkan pertolongan Allah dalam kasus itu, jalan terbaik adalah – belajar dari Rasulullah - kita berupaya semaksimal mungkin untuk memantaskan diri. Jadi, seolah-olah Allah mengajarkan bahwa Ia baru akan mengundang Isra’ Mi’raj, setelah menguji dulu Rasulullah melewati sekian banyak rintangan dan cobaan, dan tetap beriman kepada Allah padahal sudah dihajar habis-habisan dari psikis, fisik maupun sosialnya.

Lalu, ketika Rasulullah sudah dianggap lulus ujian, maka datanglah Malaikat Jibril untuk mengantarkan hadiahnya, menjemputnya untuk diperjalankan dalam Isra’ Mi’raj. 

http://ngajiman.files.wordpress.com/2010/12/masjidil-haram.jpg 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXI6yhdn27laI-Ij_pupwUYpJ7HiJ_Pjyt3b0gSVQgtU4PA6vws1Y4gFOFTy76T9S81XqXBT-PB27eiD82LcpVIRK5LOgQZaJrD7dzXjXT0YDYqJe9hkp_yHQu6Wmsz3-d_bN-/s1600/al-aqsa1.jpg

Nah, malaikat itu kan berasal dari Nur, cahaya. Cahaya itu kan penerang. Jadi, ketika bisnis kita sudah babak belur dihajar cobaan, dan Allah menganggap kita sudah lulus, maka akan didatangkan-Nya cahaya. Ya, cahaya itulah solusi. Lagi butuh banget sejumlah uang, ya kok tiba-tiba ada saja dan dimudahkan. Butuh ini-itu untuk perusahaan, rasanya jadi sangat gampang. Tidak seperti dulu saat ujian masih berlangsung, hari-hari gelap, nasib diliputi mendung tebal, di hati rasanya susah minta ampun.

Dalam buku Alchemist karangan Paul Coelho, disebutkan bahwa bagian paling gelap itu bukannya di tengah malam, tapi sesaat sebelum fajar terbit. Itulah waktu terpekat, tergelap. Seolah-olah cahaya ditarik semua ke palung gelap, sehingga yang tersisa adalah puncak kegelapan. Tepat di titik itulah lalu akan muncul semburat kuning keemasan membelah fajar, membawa hangat terang dengan cahaya yang mengantarkan kebahagiaan dan terlepasnya kita dari belenggu kegelapan nasib.

Jadi, periode Rasulullah sebelum Isra’ Mi’raj itu berbeda maqam-nya, berbeda level-nya dibandingkan setelah Isra’ Mi’raj. Untuk naik tingkat seperti itu, konsekuensinya beliau harus melewati ujian yang lebih berat daripada sebelumnya.

Misalnya yang dekat di sekitar kita: ujian untuk masuk SMP itu sangat berat untuk level anak-anak yang baru masuk SD. Termasuk juga level pengusaha yang mau naik kelas. Ia harus melewati serangkaian ujian, agar pantas naik level sukses berikutnya. Kalau di periode awal kariernya ia pernah ditipu 900 juta rupiah misalnya, untuk naik ke level yang lebih tinggi ia akan mengalami ujian yang tingkat kesulitannnya dan jumlah kerugiannya berlipat kali dari ujian sebelumnya.

Horisontal dulu, baru Vertikal

Perjalanan Isra’ Mi’raj itu terdiri dari dua tahapan. Yang pertama tahapan Isra’ (perjalanan di waktu malam) yaitu perjalanan horisontal, merupakan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsha, dan berikutnya tahapan Mi’raj yaitu perjalanan vertikal, yaitu dari Masjid Al-Aqsha ke Sidratul Muntaha.

Pertanyaannya, kenapa tidak langsung naik saja ke Sidratul Muntaha? Kan Allah Maha Kuasa, tinggal Kun Fayakun, wusss... Nyampe.

Tapi bukan itu yang diinginkan Allah, ada pesan tertentu yang ingin disampaikannya dengan 2 tahapan ini. Isra’ membawa pesan bahwa kita harus memperbaiki silaturrahim horisontal yaitu hablun minannass (hubungan dengan sesama manusia, kesalehan sosial, silaturrahim, networking, kerjasama) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan silaturrahim vertikal berupa hablun minallah (hubungan dengan Allah, kesalehan ritual).

Sebelum mencapai tahapan sukses luar biasa, stiap bisnis akan melalui tahapan diuji dengan permasalahan-permasalahan yang sifatnya horisontal, akan diuji dengan asas manfaat dan mudharat-nya bagi lingkungan yang berada di sekelilingnya, yang mana ketika ujian-ujian bersifat horisontal ini sukses, barulah Allah akan mengangkat bisnis itu ke atas, vertikal: ke arah sukses luar biasa. Quantum Leap.

Dan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsha kalau direfleksikan dalam perjalanan bisnis, ya seperti naik kendaraan darat. Terkadang banyak mobil lain yang lewat, kambing nyelonong, orang nyeberang enggak lihat-lihat. Tapi, kita harus tetap berjalan dengan hati-hati. Terus belajar tentang ilmu-ilmu bisnis, belajar bagaimana presentasi yang baik, belajar bagaimana marketing yang baik, dan lain sebagainya. Itu semua adalah upaya untuk meng-upgrade bisnis. Biar apa? Biar pantas untuk naik ke sidratul muntaha-Nya. Ke puncak suksesnya. Itulah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi, agar bisnis kita ingin mi’raj, bisnis itu harus lulus dari ujian. Kelulusan itu ditandai dengan makin bertambahnya ilmu dan hikmah setelah kita berhasil meyelesaikan soal-soal ujian tersebut.  Wisudanya adalah di-mi’raj- kan ke tempat tertinggi yang kita impi-impkan. Terwujudnya impian adalah bukti mi’raj-nya bisnis kita.

Tugas Menebar Rahmatan lil ‘Alamiin

Tapi hikmah Isra’ Mi’raj tak berhenti sampai di sini. Setelah bisnis itu sukses, kesuksesannya tidak boleh disimpan sendiri. Tapi harus disalurkan ke sebanyak mungkin tempat, disalurkan untuk menjadi rahmatan lil ‘alamiin. Sesungguhnya, ilmu untuk menjaga agar kita terus berada di puncak, adalah dengan terus berbagi. Terus menyebarkan kebaikan secara horisontal lagi. Menjadikan bisnis kita saluran rejeki untuk lebih banyak orang.

Mi’raj itu adalah pergi dari tempat kita sekarang menuju tempat yang kita impikan. Banyak dari para pelaku bisnis yang ketika dihadapkan pada masalah, justru memilih untuk menghindar dari masalah. Padahal, sebenarnya sudah ada teknologi oleh-oleh Isra’ Mi’raj yang diberikan oleh Allah untuk mencapai puncak ketentaraman dan ketenangan. Yaitu shalat.

Teknologi Maha Canggih Bernama Sholat

Peristiwa di mana shalat yang awalnya diperintahkan oleh Allah 50 kali dalam sehari – setelah dikonsultasikan dengan beberapa Nabi - kemudian menjadi 5 kali sehari, menunjukkan bahwa fadhilah yang shalat 50 kali itu telah di-compress sehingga sama ukuran fadhilah-nya dengan yang  5 waktu. Perbandingannya, dulu sebuah disket yang besar ukurannya hanya mampu menampung file sebesar 1,4 megabyte. Sekarang flashdisk yang lebih kecil dan lebih praktis bisa menampung 16 gigabyte (16.000 megabyte). Daya tampungnya sekitar 11428 kali lipat lebih besar.

Jadi sholat itu adalah miniatur perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah yang sudah di-compress dalam bentuk yang lebih praktis dan lebih mudah digunakan, untuk umatnya sampai akhir jaman. Allah sudah memberikan sebuah teknologi yang bisa menghibur hati yang susah, yang banyak masalah, yang gelaaaappp tak tahu kemana nyari solusi.

Solusinya udah disediain: Isra’ Mi’raj. Saat Isra’ siapkan kesabaran dan dan jika ingin Mi’raj maka dirikanlah sholat.

Dengan kecanggihannya, teknologi Sholat ini bahkan bisa mengubah manusia menjadi cahaya. Ash-shalatu mi’rajul mu’min. Shalat itu mi’raj-nya seorang mukmin. Jadi, shalat adalah sebuah teknologi untuk melupakan sejenak dunia dan segala permasalahannya, untuk menuju tempat yang tenang, yang terang, yang tentram. Shalat mampu membangun surga di alam pikiran kita.

Dalam masyarakat modern sekarang, sedang gencar-gencarnya mencari ketenangan diri dengan yoga atau meditasi. Meditasi pada tingkatan paling dasar, biasanya memilih tempat yang sepi, seperti gunung, pantai, pedalaman, yang sangat rendah tingkatan noise-nya. Tapi, untuk meditasi tingkatan advance, meditasi bisa dilakukan di tengah mall, dia antara hiruk-pikuk terminal, di tengah pasar, karena sang meditator telah memiliki kontrol penuh  terhadap diri sendiri untuk menghadirkan gunung, pantai dan hutan belantara di dalam dirinya, memisahkan jiwanya dari kebisingan lingkungan di sekitarnya.

Menjadi Cahaya

Untuk menjadi cahaya, seseorang harus menghargai kegelapannya terlebih dahulu. Seseorang yang tidak bisa menghargai kegelapan, ia tidak bisa menghargai cahaya. Seseorang yang tak pernah kebingungan dengan masalah yang berat tidak akan pernah bisa memberikan empati kepada orang lain yang memiliki masalah dan membutuhkan pertolongannya.

Pengen melihat manusia yang bercahaya? Lihatlah mereka-mereka yang menjaga wudhunya, yang menjaga sholat lima waktunya jamaah di masjid. Coba deh kalau kita sedang jamaah, saat salam menengok ke kanan dan ke kiri. Wajah-wajah jamaah itu rasanya adem, tenang, cerah.

Nah, ketika seseorang sudah mampu berfungsi menjadi cahaya, maka tugasnya adalah menerangi sekitarnya. Fungsi cahaya adalah menyerap kegelapan dan membagikan terang.

Semisal Ust. Yusuf Mansur atau almarhum Ust. Jefri Al Buchory serta banyak kyai-kyai yang dekat dengan permasalahan sehari-hari umatnya. Merekah tempat umat mengadukan segala kesusahannya. Karena sudah pernah mengalami kegelapan dalam perjalanan hidupnya, jadi bisa berempati sekaligus memberikan solusi yang kontekstual, yang berakar di bumi, tidak saja menginpirasi tapi juga bisa diimplementasi.

Cukup Allah Saja

Sisi menarik lainnya dari Isra’ Mi’raj adalah peristiwanya terjadi ketika malam, bukannya siang. Refleksinya, pengusaha itu kalau kena masalah, orang lain seringkali tak peduli. Au ah gelap!

Orang lain tidak mau tahu urusan pengusaha itu yang sedang punya berapa gunung hutang ataupun berapa tumpuk masalah dalam bisnisnya. Coba saja telepon teman-temannya, pasti semua akan angkat tangan, menjauh dan tak peduli.

Kalau mau melihat seberapa banyak teman kita, lihatlah siapa saja yang hadir saat kita dalam kesuksesan. Tapi, untuk tahu siapa sahabat sejati kita, lihatlah siapa yang menemani saat kita berada dalam kesusahan.

Intinya, kalau punya masalah, adukan sama Allah saja. Kalau emang lagi pengen banget nangis, nangislah hanya kepada Allah. Bukan ke suami atau istri orang lain, bisa gawat.

Tapi kalau punya kelebihan rejeki, kelebihan ilmu, berbagilah kepada makhluk-Nya yang lain. Bagilah yang baik-baik saja. Jangan membagi-bagikan masalah, aib orang, ujung-ujungnya malah bikin kita makin sedih. Rahasia tersebar kemana-mana, padahal solusi tak juga diperoleh.

Orang yang kita mintai tolong atas masalah kita, seringkali malah punya masalah yang lebih besar lagi. Bersandar pada makhluk-Nya itu rapuh. Jadi kalau sedang bermasalah, bersandarlah hanya pada yang Maha Kuat.

Mengadulah hanya kepada Allah. Tak ada yang tak mungkin kalau Allah sudah ‘turun tangan’. Kebaikan takdir-Nya tak bisa dihalangi, keburukan takdir-Nya tak bisa dihindari.

Selamat mengambil hikmah terdalam dari perjalanan maha dahsyat Isra’ Mi’raj ini, yang sampai kapan pun misteri yang membungkusnya akan senantiasa melahirkan hikmah demi hikmah bagi kita, sampai akhir zaman.

Di hadapan hamparan samudera hikmah-Nya, kita hanya setetes air di ujung jari.

La haula walaa quwata illa billah...


*Materi tulisan Isra' Mi'raj ini berasal dari Buku Spiritual Creativepreneur, Penerbit Metagraf Solo, Penulis: M. Arief Budiman, Hal. 95-104

Comments

WHIZISME said…
Semoga say ndak lelah dalam berdoa dan sholat yang dikorting Alloh sedemikian itu.

Semoga Alloh meridloi segala perbuatan saya yanag mudah tersinggung dengan harta..

Ya alloh apakah sebegitu kotornya saya, mengabai panggilanmu...hanya sekedar membalas email klien...

Ya Alloh semoga mereka ssama2 tahu rejeki itu datang dari Engkau.

Ya Alooh maafkanlah aku (tanpa please).. Pasti Engkau kabulkan ini...

Anonymous said…
Hеllo thеre! This іs my first commеnt here so I just wanteԁ to givе а quіck shout out аnd say I truly enjoy reаding уour рoѕts.
Can you recommenԁ any other blogѕ/wеbsites/forums that cοvеr the same subjectѕ?
Thank yοu so much!

My web-site :: Why wouldn't you Compare Hotels Prices?
Anonymous said…
This aгticle ωill help the іnternet visitorѕ for setting up new
blog or even а weblog from start to end.

Also νisit my webpagе; Some Unique Hotels Around the globe
Fahroni Arifin said…
Suka banget tulisan ini :)
Anonymous said…
Eveгything is νery open ωith а
really clear clаrificаtion of the issues.
It wаs truly informatiѵe. Υour site is veгу helpful.
Μany thanks for shaгing!

Mу homepage; Street. Mark's Basilica Venice Italy
Anonymous said…
Attractive ѕectіon οf content.
I just ѕtumbled upοn your weblog and in аcсessіon capitаl to clаim that ӏ acquire in fact enjοyed aсcount your weblog
ρosts. Anу way І'll be subscribing for your augment or even I fulfillment you get entry to constantly rapidly.

my site; France Travel Guide
Anonymous said…
Hey thеre! I ѕimplу would like to give you a huge thumbѕ up for the еxсellent infο you hаve right herе on thiѕ post.
Ι am coming back to your wеb sіtе foг more
soоn.

Stοp by my pаge - facebook resorts & take a trip
Anonymous said…
Undeniablу belіеvе that ωhich yоu saiԁ.
Youг favorіtе juѕtificаtion seemed to be
оn the nеt the ѕimplest thing to be аωarе of.
I ѕaу to yоu, I certainly get irκeԁ ωhile peoplе сonsіdег woгrieѕ that they
plainly do nоt know аbout. You managеԁ to hіt the nail
upοn the top as well аs defined out the
whole thing without haѵіng sidе effect , peоple could taκе
a signal. Will ρгobably bе back tο
get morе. Thаnκs

Stop by my blοg; Some Exclusive Hotels On the planet
Anonymous said…
tila tequila dating bobby http://loveepicentre.com/taketour/ malay dating
who is teri hatcher dating [url=http://loveepicentre.com]dating married women for sex[/url] dating asia 69155
wine country speed dating [url=http://loveepicentre.com]gay male bdsm dating[/url] looking to fish dating site [url=http://loveepicentre.com/user/baby500/]baby500[/url] dating keuffel drafting tools
Anonymous said…
Hello, i reаd your blog ocсasionallу and і own a sіmіlar
one and i was juѕt сurious if you get a
lot of ѕpam гesponѕeѕ? If so how
dо you stop it, any plugіn οг аnything уou сan recommend?
I get sо much lately it's driving me insane so any help is very much appreciated.

my site - Saint. Mark'ѕ Basilica Vеniсe
Italy ()
Anonymous said…
I reаlly like what you guys tend to be up too.
Such clevег work and coverаgе!
Κeеp up the superb workѕ guys I've incorporated you guys to my own blogroll.

Also visit my web-site: Resort Value Comparability Vs Conventional Travel Lookup Web sites -- Motels Discounts
Anonymous said…
free cupid online dating http://loveepicentre.com/map/ love japan asian dating
dating davao [url=http://loveepicentre.com/faq/]christian teen dating site[/url] adventures in dating mandy
dating 1911 colt [url=http://loveepicentre.com/testimonials/]dating website creator[/url] merry christmas dating song [url=http://loveepicentre.com/user/airvender/]airvender[/url] indian dating missouri
Anonymous said…
friend finder dating service http://loveepicentre.com/taketour/ charlie dating profile
weight and older dating [url=http://loveepicentre.com/advice/]misscms dating greek[/url] bathurst dating
alyssa lazaro dating married men [url=http://loveepicentre.com/articles/]single doctor dating service[/url] chiswick dating website [url=http://loveepicentre.com/user/nanko/]nanko[/url] idaho singles idaho dating sites
Unknown said…
Arief Budiman pada gitarrrrrrr!!!!

Popular posts from this blog

Kunci Sukses Bisnis (3)

Sempat terjadi dalam periode kehidupan saya saat awal-awal bersama teman-teman memulai Petakumpet, waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Hari-hari itu begitu melelahkannya, rasanya tak kuat saya menyelesaikan begitu banyak tanggung jawab menyangkut komunitas, pekerjaan, kehidupan persoanl saya yang berantakan. Saya pun mengadu pada Allah,"Ya Allah, jika sehari bisa lebih dari 24 jam rasanya saya akan punya kesempatan lebih banyak untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya..." Tapi rasanya Allah tak mendengar doa saya. Atau saya nya yang tak punya kemampuan mendengarkan-Nya. Pekerjaan seperti nya mengalir tak habis-habis, ada duitnya emang, tapi duit nya pun mengalir lancar keluar tak pernah terpegang barang sebentar. Hidup saya begitu capeknya, badan pegel-pegel tiap malam, Sabtu Minggu pun dihajar pekerjaan. Saat-saat seperti itu, saya melihat buku karangan Stephen Covey The Seven Habits of Highly Effective People di Shopping Center (pusat buku murah) Jogja. Dengan

Jadual Diskusi dan Bedah Buku

Berikut beberapa jadual diskusi, talk show atau bedah buku yang udah masuk di Bulan Ramadhan (September) sekaligus menjawab beberapa imel yang menanyakan ke saya kapan ada diskusi buku Jualan Ide Segar: Bedah Buku Jualan Ide Segar (M. Arief Budiman) dan Mata Hati Iklan Indonesia (Sumbo Tinarbuko) di Diskomvis FSR ISI Yogyakarta. Kamis, 11 September 2008 jam 15.00 - 18.00 WIB. Juga menampilkan Sujud Dartanto sebagai pembahas. Untuk Mahasiswa ISI Jogja dan Umum (Free) Ngopi Bareng Penjual Ide Segar di Melting Pot, Sabtu, 13 September 2008, 20.00 - 22.00 WIB, Untuk Umum HTM Rp 15.000,- (Free 1 cup Coffee) Sarasehan Keajaiban Berbisnis Ide di ADVY (Akademi Desain Visi Yogyakarta), Senin, 15 September 2008, 09.00 - 12.00 WIB, untuk Mahasiswa ADVY (Free) Yang segera menyusul adalah Diskusi dan Bedah Buku di Jurusan Komunikasi UGM, semoga juga bisa terlaksana di Bulan September ini. Buat temen-temen silakan hadir untuk meramaikan proses belajar kreatif yang tentu saja sangat fun dan menyena

Al Fatihah Cahaya Kehidupan

Hidup kita ini diawali dengan kesederhanaan dan akan diakhiri dengan kesederhanaan. Sehingga cara terbaik untuk menjalaninya pun dengan kesederhanaan. Manusia seringkali menilai penampilan luar yang jika kita mengikuti penilaian itu akan memboroskan jiwa raga. Tapi Allah melihat ke dalam hati kita, ke kesejatian, ke kesederhanaan. Hal sederhana yang sangat dekat dengan keseharian kita sebagai muslim adalah Surat Al Fatihah yang kita baca minimal 17 kali sehari dalam sholat. Insya Allah jamaah sekalian telah hafal luar kepala bacaannya beserta artinya. Tapi dalam kesempatan ini, saya akan mencoba mengupas makna ayat-ayat indah dalam Surat Al Fatihah ini dari sudut pandang saya, sudut pandang yang sehari-hari, yang sederhana. Tapi sebelumnya saya akan menceritakan sebuah kejadian nyata yang berhubungan dengan Surat Al Fatihah, yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Malam itu jam 20.00 saya dan Mas Andika DJ (CEO Syafaat Marcomm) harus ijin pulang dulu dari sebuah rapat di