Mybothsides

Tuesday, February 7, 2012

Menjadi Otentik

When you try to copy Apple, it's like trying to copy an oak tree. You have to plant the seed and watch it grow then see what it came up with. You can't then just watch what it became, go to Home Depot, buy a whole bunch of lumber, paint and fake leaves, then build something. Because what you build is going to be half-assed and not an oak tree in any way, shape or form 

- Quotes from Ihnatko-


Banyak perusahaan yang ingin menjadi seperti Apple, sesukses Apple. Dan CEO perusahaannya menjadi pengganti manusia langka seperti Steve Jobs. Maka hadirlah buku-buku yang mengupas fenomena kesuksesan Apple, lengkap dengan kisah sang pendirinya yang kharismatik dan sekaligus kontroversial dalam beberapa sisi kehidupannya.

Tapi cukupkah itu untuk meng-Apple-kan perusahaan kita? Rasanya masih jauh panggang dari api. 

Bahkan Steve Jobs sendiri berpesan pada Tim Cook (CEO Apple yang menggantikannya): "Jangan pernah mengikuti pola pikirku saat mengambil keputusan. Jangan menjadi para penerus seperti di Walt Disney yang terus-menerus mempertanyakan 'What would Walt do?'. Jangan kotori kejernihan pikiranmu dengan menanyakan 'What would Steve do?'. Itu akan sia-sia dan Apple tidak akan berkembang. Jadilah dirimu sendiri, dengan pemikiranmu yang otentik. Tantangan Apple di masamu akan berbeda daripada di masaku. Tugasmu untuk memberikan respon terbaik, menurutmu. Bukan menurutku. Aku yakin Apple di masa depan akan jadi lebih baik dengan cara seperti itu."


Amati Tiru Modifikasi (ATM) itu adalah pelajaran bisnis untuk pemula. It's OK untuk memulai dengan cara seperti itu. Tapi pada tahap selanjutnya, mulailah untuk memikirkan yang benar-benar otentik untuk memperkuat akar perusahaan kita, memahatnya mengarungi waktu sehingga pada saatnya pohon itu akan tumbuh tinggi dan sangat kuat untuk menggapai langit. 

Ini bukan tips untuk membangun bisnis. Ini tantangan agar bisnis tak sekedar mengejar untung, tapi menjadi vehicle terbaik untuk mengubah dunia. Apple telah mencapai tahapan itu dengan menunjukkan kuncinya: menjadi otentik. Be Original. Menjadi diri sendiri.

Image from: http://wallpaper.wallpedia.org/42_~_America_-_oak_tree_in_new_england_sunrise.htm & http://i1-news.softpedia-static.com/images/news-700/Steve-Jobs-Didn-t-Regard-Tim-Cook-as-a-Product-Person.jpg

1 comment:

Tri Damayantho said...

Setuju sekali pak..be original, be yourself...jadi ingat kata-kata Scott Adams :
"Creativity is allowing yourself to make mistakes. Art is knowing which ones to keep."

Salah satu cara untuk be original:)