Skip to main content

Lelang Buku Bisnis untuk Wedangan

Untuk menikmati kehidupan kita sehari-hari dengan totalitas, seringkali diperlukan sebuah gebrakan, sebuah spontanitas, suatu tindakan yang seolah-olah merusak harmoni keteraturan. Agar hidup tak berjalan monoton, begitu-begitu doang.

Nah, salah satu yang saya begitu tergila-gila dalam hidup ini adalah buku. Yup, buku! Bukan pakaian yang mahal, gadget yang keren, makanan kelas hotel atau tamasya ke luar negeri. Nop, hanya buku. Dalam sebulan, rata-rata saya menghabiskan Rp 200.000,- sampai Rp 500.000,- untuk belanja buku baru. Itu adalah anggaran terbesar saya, lebih besar daripada biaya beli baju atau makan, bahkan lebih besar daripada biaya pulsa langganan Blackberry atau internet unlimited.

Nah, suatu hari tibalah ide spontan yang membuat saya sendiri terkaget-kaget. Setelah komitmen hanya akan memiliki maksimal 10 potong  pakaian dan mengikhlaskan sisanya udah terlaksana, sasaranpun berlanjut. Saya punya begitu banyak koleksi buku:  akan menjadi sesuatu yang berbeda jika saya melepaskan juga sebagian besar diantaranya. Mulai dari buku-buku yang jarang saya baca, yang tak begitu saya sukai isinya. Tidak terlalu sulit mengerjakan ini, masukin buku-buku di kardus dan kirimkan ke siapa saja yang membutuhkan. Done!

Tapi penyakit iseng ini kumat lagi, menantang keberanian saya sekali. Bagaimana jika yang kau lepaskan adalah buku-buku yang begitu kau sukai, yang bersejarah, yang membentuk karakter dan mengisi kepribadianmu selama ini. Beranikah untuk melepaskannya pergi?

Nah, sejujurnya ini sulit. Berat di hati. Pak Roni Yuzirman, sahabat saya founder TDA yang menerapkan simplicity dalam kehidupannya pun mengaku sulit untuk berpisah dengan buku-bukunya. Karena buku beda dengan benda yang lain, misalnya pakaian atau harta lainnya.

That’s it, because book is a part of his life. Me too, book is integrated in me.

Tapi inilah asyiknya, saya dengan sadar menerapkan ilmu memaksakan diri, saya masih bisa hidup merdeka tanpa buku-buku ini. Ilmu yang saya pelajari darinya takkan menguap saat buku-buku ini pergi. Sehingga, hadirlah keputusan itu: saya akan hibahkan sebagian besar buku-buku bisnis terbaik saya kepada Tim ADGI Jogja Chapter bekerja sama dengan TDA Jogja yang akan melelangnya di acara Wedangan, besok Jumat 1 Juli 2011.

Seluruh hasil lelang buku-buku ini akan digunakan untuk membiayai kegiatan Wedangan selanjutnya yang harus terus berjalan agar manfaatnya makin besar bagi masyarakat kreatif Jogja. Juga untuk kegiatan sosial lainnya bagi yang kurang mampu. Teman-teman di ADGI Jogja dan TDA Jogja lah yang akan mengatur pemanfaatan hasil lelangnya. 

Manfaatnya untuk saya? Saya sedang belajar melepas keterkaitan saya dengan benda-benda yang saya sukai. Saya sedang belajar bahwa sesungguhnya saya ini tak punya hak milik apa-apa di dunia ini, apapun yang sekarang dipercayakan pada saya oleh Yang Maha Memiliki, statusnya adalah pinjaman. Saat waktunya sampai, Ia akan mengambilnya dari saya.

Berikut daftar buku-buku yang akan dilelang: 






  1. Good Design – David B. Berman 
  2. Inside Larry &  Sergey’s Brin (Menyimak Pemikiran Pendiri Google) – Richard L. Brand 
  3. Rich Dad’s Guide to Investing – Robert Kiyosaki
  4. Membuka Pintu Langit – KH Mustofa Bisri 
  5. Winning – Jack Welch (Ex CEO General Electric) 
  6. Outliers (Rahasia di Balik Sukses) – Malcolm Gladwell 
  7. The Success Principles – Jack Canfield 
  8. Pemasaran Duct Tape – John Jantsch
  9. Inside Steve’s Brain – Leader Kahney (Edisi Inggris) 
  10. Blue Ocean Strategy – W. Chan Kim, Renee Mauborgne
  11. Near Death Experiences – Tammy Cohen 
  12. Donal Trump, Master Appretice – Gwenda Blair (Edisi Inggris)
  13. Kun Fayakun – Ust. Yusuf Mansur
  14. Business @ The Speed of Thought – Bill Gates 
  15. Blink – Malcolm Gladwell 
  16. Start with The Answer – Bob Seelert (Chairman Saatchi & Saatchi) 
  17. The Road Ahead – Bill Gates 
  18. The Seven Lost Secrets of Success – Joe Vitale (The Secret Guru) 
  19. Catatan Seorang Demonstran – Soe Hok Gie
  20. Jack, Straight from The Gut – Jack Welch (Edisi Inggris)
  21. Jack, Straight from The Gut – Jack Welch 
  22. Manajemen Gaya Microsoft – Michael Cusumano, Richard W. Selby
  23. The Mindgym (Edisi Inggris) 
  24. Made to Stick – Chip Heath, Dan Heath 
  25. The Audicity of Hope – Barack Obama 
  26. Dari Pojok Sejarah – Emha Ainun Nadjib 
  27. Mereka Bicara JK – National Press Club of Indonesia
  28. Results – Gary L. Neilson, Bruce A. Pasternack
  29. Meraih Cinta Illahi – Jalaluddin Rakhmat
  30. Who Says Elephants Can’t Dance – Louis V. Gestner, Jr.
  31. The Last Words of Chrisye – Alberthiene Endah
  32.  Metamorfosis Sang Nabi – Agus Mustofa 
  33. Inside Obama’s Brain – Sasha Abramsky
  34.  The Lenovo Affair – Ling Zhijun 
  35. Unleash Your Other 90% - Robert K. Cooper
  36. Korean Advertising – Jung Soon-kyun, CEO Kobaco 
  37. Getting Unstuck – Timothy Butler 
  38. Gaya Hidup Sehat Rasulullah – Egha Zainur Ramadhani
  39. Sosok Nabi Khidir – Khalifi Elyas Bahar
  40. Rich Dad’s Conspiracy of The Rich – Robert Kiyosaki 
  41. Free – Chris Anderson
  42. What The Dog Saw – Malcolm Gladwell 
  43. No Rules! – Dan S. Kennedy 
  44. Ngaji Online – Agus Mustofa 
  45. The Monk Who Sold His Ferrari – Robin Sharma
  46. The Impossible Just Takes a Little Longer – Art Berg
  47. The Accidental Billionaires (The Social Network) – Ben Mezrich 
  48. Tuhan Sang Penggoda – M. Arief Budiman (versi draft)
  49. Tuhan Sang Penggoda – M. Arief Budiman (versi original)
  50. Jualan Ide Segar – M. Arief Budiman
Terus bagaimana mekanisme lelangnya? Mulai dari harga berapa? Tunggu info berikutnya. Dan Anda juga bisa bergabung untuk menyumbangkan buku-buku yang akan dilelang di acara ini. Insya Allah akan jadi acara lelang yang asyik, karena akan berlangsung secara offline (di tempat acara Wedangan) maupun di online (via account @wedangan di twitter). So, segera follow @wedangan untuk dapet update infonya. Anda juga bisa bertanya langsung jika ingin ikut menyumbang.

Mari berlomba-lomba dalam  kebaikan. Ngebut dalam kebaikan. Insya Allah tak ada yang kalah, semua akan menang :)

Notes: thanx to Iqbal Rekarupa dan Rahmat Rekarupa untuk organize acara dan siapin foto-foto bukunya

Comments

Mobinta Kusuma said…
semoga barakah..amin
Petra said…
saya mau yang judulnya blink mas,hehe

Popular posts from this blog

Kunci Sukses Bisnis (3)

Sempat terjadi dalam periode kehidupan saya saat awal-awal bersama teman-teman memulai Petakumpet, waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Hari-hari itu begitu melelahkannya, rasanya tak kuat saya menyelesaikan begitu banyak tanggung jawab menyangkut komunitas, pekerjaan, kehidupan persoanl saya yang berantakan. Saya pun mengadu pada Allah,"Ya Allah, jika sehari bisa lebih dari 24 jam rasanya saya akan punya kesempatan lebih banyak untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya..." Tapi rasanya Allah tak mendengar doa saya. Atau saya nya yang tak punya kemampuan mendengarkan-Nya. Pekerjaan seperti nya mengalir tak habis-habis, ada duitnya emang, tapi duit nya pun mengalir lancar keluar tak pernah terpegang barang sebentar. Hidup saya begitu capeknya, badan pegel-pegel tiap malam, Sabtu Minggu pun dihajar pekerjaan. Saat-saat seperti itu, saya melihat buku karangan Stephen Covey The Seven Habits of Highly Effective People di Shopping Center (pusat buku murah) Jogja. Dengan

Jadual Diskusi dan Bedah Buku

Berikut beberapa jadual diskusi, talk show atau bedah buku yang udah masuk di Bulan Ramadhan (September) sekaligus menjawab beberapa imel yang menanyakan ke saya kapan ada diskusi buku Jualan Ide Segar: Bedah Buku Jualan Ide Segar (M. Arief Budiman) dan Mata Hati Iklan Indonesia (Sumbo Tinarbuko) di Diskomvis FSR ISI Yogyakarta. Kamis, 11 September 2008 jam 15.00 - 18.00 WIB. Juga menampilkan Sujud Dartanto sebagai pembahas. Untuk Mahasiswa ISI Jogja dan Umum (Free) Ngopi Bareng Penjual Ide Segar di Melting Pot, Sabtu, 13 September 2008, 20.00 - 22.00 WIB, Untuk Umum HTM Rp 15.000,- (Free 1 cup Coffee) Sarasehan Keajaiban Berbisnis Ide di ADVY (Akademi Desain Visi Yogyakarta), Senin, 15 September 2008, 09.00 - 12.00 WIB, untuk Mahasiswa ADVY (Free) Yang segera menyusul adalah Diskusi dan Bedah Buku di Jurusan Komunikasi UGM, semoga juga bisa terlaksana di Bulan September ini. Buat temen-temen silakan hadir untuk meramaikan proses belajar kreatif yang tentu saja sangat fun dan menyena

Al Fatihah Cahaya Kehidupan

Hidup kita ini diawali dengan kesederhanaan dan akan diakhiri dengan kesederhanaan. Sehingga cara terbaik untuk menjalaninya pun dengan kesederhanaan. Manusia seringkali menilai penampilan luar yang jika kita mengikuti penilaian itu akan memboroskan jiwa raga. Tapi Allah melihat ke dalam hati kita, ke kesejatian, ke kesederhanaan. Hal sederhana yang sangat dekat dengan keseharian kita sebagai muslim adalah Surat Al Fatihah yang kita baca minimal 17 kali sehari dalam sholat. Insya Allah jamaah sekalian telah hafal luar kepala bacaannya beserta artinya. Tapi dalam kesempatan ini, saya akan mencoba mengupas makna ayat-ayat indah dalam Surat Al Fatihah ini dari sudut pandang saya, sudut pandang yang sehari-hari, yang sederhana. Tapi sebelumnya saya akan menceritakan sebuah kejadian nyata yang berhubungan dengan Surat Al Fatihah, yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Malam itu jam 20.00 saya dan Mas Andika DJ (CEO Syafaat Marcomm) harus ijin pulang dulu dari sebuah rapat di