Mybothsides

Saturday, April 18, 2009

On Location




Setelah syuting sebuah brand nasional ini kelar, besok waktunya post. 2 hari yang asyik banget di Bandung, segala sesuatunya Alhamdulillah berjalan lancar. Hope bisa segera tayang on schedulle, diberikan kemudahan dalam segala prosesnya. Kemarin sempet ada denger syuting sebuah iklan yang harus diulang, bisa jadi karena faktor cuaca atau ketidaksesuaian treatment di lapangan. Bagaimanapun, dalam sebuah syuting iklan, kerjasama klien + agency + PH + sutradara sangatlah krusial dan penting. Jika salah satu saja tidak maksimal dan kurangnya pemahaman atas bagian yang lain: hasilnya tentu bukan the best sesuai harapan.

Dan ini bukan sekedar hal teknis semata, hal-hal non teknis juga penting. Saat sebuah take mesti diulang-ulang, kadang gak cuma sutradaranya yang mulai nampak kesel, pemainnya yang capek beradegan itu-itu aja juga akan terpengaruh. Belum jika ada extras, figuran dan pemain kroyokan lainnya yang biasanya bukan aktor: makin komplekslah situasinya. Misalnya waktu syuting PSA Gudang Garam tahun lalu saat adegan di sebuah pasar Kota Gede yang melibatkan semua orang termasuk pengendara yang lewat sebagai background, satu detail kecil luput dari pengamatan: take-nya mesti diulang.

Setiap kali syuting, selalu ada hal baru untuk dipelajari. Selalu ada case berbeda untuk dipecahkan. Selalu ada spirit baru untuk doing better than before. Saya akan sharing lebih detail lagi setelah iklannya tayang, semoga ini menjadi karya Petakumpet yang lebih baik dari yang kemarin. Tolong didoakan, amien...

(Foto koleksi Mas Iman Brotoseno)

No comments: