Mybothsides

Monday, September 8, 2008

Sapa Durung Sholat?

Untuk melihat seorang muslim beres manajemen waktunya atau tidak, boleh dipakai metode ini.

Jika seseorang bisa sholat lima waktu tepat waktu (alias di awal waktu ketika adzan berkumandang) Insya Allah manajemen waktunya OK banget. Apalagi jika bisa jamaah, tentu kedisiplinannya makin luar biasa. Jika hal-hal yang dasar ini bisa ditegakkan oleh kita semua, saya yakin tak ada yang akan stress hidupnya.

Berikut ciri-ciri jika kita tak beres manajemen waktunya alias tak mampu mengotrol skedul kita - dikutip dari Yusuf Mansur - sibuk tiada henti, kurang tiada cukup, rugi tiada untung.

Jika kita mulai terjangkit virus stress karena pekerjaan menggunung dan rasanya tak bakal selesai dalam 24 jam jatah waktu kita dalam sehari, waspadalah. Jika kita terus menerus merasa kurang atas nikmat yang diberikan Tuhan dan maunya iri terus atas kepunyaan orang lain, waspadalah. Jika usaha kita kelihatannya maju dan banyak order tapi masalah selalu hadir dalam setiap pengerjaannya, waspadalah.

Segera ambil wudhu dan benahi jadual sholatnya. Sebelum beban hidup makin berat, sebelum banjir complain, sebelum uang kas perusahaan kering, sebelum kerugian dunia akhirat menghampiri kita tanpa ampun.

Saya juga sedang belajar mendisiplinkan diri saya dengan motode sederhana tapi maha dahsyat ini dan sejujurnya tak mudah.

Tapi tak mudah bukannya tak mungkin kan? Ayo deh - jika ingin sukses bahagia dan luar biasa - kita benahi sholat dulu...

3 comments:

iqbal_rekarupa said...

benar!!!
tapi kok saya juag susah melaksanakan ya???
memang setan paling nyata ada di diri kita
saling mendoakan ya mas
semoga kita dapat segera berbenah dan menjadi orang2 yang beryntung, amin

Anonymous said...

Subbahannallah Mas. Walaupun Terkadang Susah Akan Tetapi Nikmat Setelah Menjalankan Sholat Tepat Waktu Sungguh Terasa Perbedaannya. Mulai Dari Tingkat Kesabaran dan Cara Pandang Kita Tentang Probelma Hidup. Lebih Tenang dan Tidak Mudah Stres. Semoga Mas Arief dan Saya Senantiasa Dalam Lindungan dan Kasih Sayang Allah Untuk Tetap Istiqomah Menjalankan Sholat 5 Waktu Tepat Waktu Serta Berjamaah. Bismillah Ya Rabb. Amien

rianawi said...

iya mas. lebih mudah bikin alasan. entah masjidnya jauh, atau males harus selalu nunggu pak kyainya datang baru sholat dimulai, atau belum mandi, ah...ada saja alasannya. tapi kalau ngecek status facebook/twitter/email sudah ada balasan belum, wah cepetnya minta ampun.