Mybothsides

Saturday, August 23, 2008

Gamang

Kadang kita gamang. Bingung mau berbuat apa atau memilih yang mana. Kadang kita ragu, takut dan khawatir. Seolah-olah apa yang kita jalani ini mungkin akan salah di ujungnya. Atau hal-hal yang tak kita inginkan bakal terjadi. Dan itu bakal buruk buat kita, buat masa depan kita, buat perjalanan mencapai impian kita.

Dan ternyata, saya dan Anda tidak sendirian. Semua orang di dunia ini bahkan orang-orang besar yang mewarnai sejarah: mereka juga mengalami keraguan itu. Mereka juga dihinggapi mental block. Mereka juga menangis karena dihimpit beban maha dahsyat yang secara logika akal sehat tak mungkin dipanggul. Mereka juga mengaduh pada Tuhan, mereka menggigil ketakutan bahkan kalut dan bingung.

Perbedaan antara para pemenang dan pecundang bukanlah pada kegamangan itu: dua-duanya pasti mengalami. Para pemenang hanya terus bertahan sambil bergerak mencari solusi, terus bergerak bahkan dalam kegelapan saat mata tak tahu kemana mesti bergerak. Mereka dihimpit beban tapi tetap bergeser ke depan selangkah demi selangkah. Mereka kebingungan tapi mencoba percaya kepada hati nuraninya yang juga goyah.

If you lose your target, just keep moving. Jangan diam. Jangan menyerah. Jangan menjadikan diri sendiri korban tak berdaya. Just keep moving, teruslah bergerak.

Di titik tertentu di depan langkah kita, sang cahaya sedang berharap-harap cemas menantikan perjuangan itu mencapai ujungnya. Dan menyalami sang pemenang.

Anda semua yang tidak menyerah.

6 comments:

sihanss said...

permisi om..kemarin tak sempet2tin ke gramed jogja buat menyelami perjalanan hidup dirimu & Petakumpet, wah jan sip tnan, lebih hebat dari "tukul" ya?, rencana biar norak sekalian sih pengin mampir ke kantor minta 'Jualan ide segar'nya di tandatangani, tapi sungkan..karena merasa posisi aku sekarang bagaikan bumi dan langit (minder abis omm..)
OK! thanks atas ilmu yang dibagikan ya,
( subkhan khamidi / sihanss, konco lawas sing wis bali kampung, www.sihanss.wordpress.com)

sahid said...

hiaaaa...menulis lagi d blog ini...
well..intinya bisa saya serap..sok taunya saya...hehe...bolehkan saya menambahkan...masih dengan sok taunya...(lebih mirip curhat)

hidup tidak selalu mudah...buatlah ketidaknyamanan pada dirimu(kalo yang ini, kata dosen saya)...kehidupan ini keras, gebuk saja kalo perlu, tampilah percaya diri, ini pertama, yang kedua, persiapkan sebaik mungkin apa yang akan dihadapi. seberapa kacau pun hasilnya, inilah yang terbaik yang bisa dilakukan, tetap tegakkan kepala, ushaa yang maksimal dengan hasil yang amburadul bukalah kesalahan, ini hanya sebuah proses, tapi yang perlu ditekankan adalah hasil yang maksimal..hehe...

trus berjuang...dan bersemangatlah..mm

sekian pemikiran sok tau dari saya..

andika dj said...

kalo pengen nikah, nggak usah gamang boz!!!

alfone said...

kereeeeeeeeeen...
jadi terharu...

saya akan terus bergerak!!

racing said...

gamang itu sensor... kalau gamang berarti sensor menyala... dan saat itu kita harus waspada... buka mata...buka telinga... buka hati... semua input dari mata, telinga dan hati bisa kita jadikan pegangan dalam langkah selanjutnya... mundur jika memang baik... maju juga kalau itu yang terbaik. kalau masih bingung??? nekad aja.

Anonymous said...

yg mendorong kita untuk bergerak, salh satunya adalah motivasi yg tepat. untuk ap & untuk siapa kita maju bertempur, di sinilah pengenalan diri menjadi penting. jadi inget petuah dri Sun Tzu, "kenalilah musuhmu & kenalilah dirimu"..