Skip to main content

Tuhan Ada di Emperan Jalan

Ya, Tuhan memang ada di emperan jalan dan di pojok-pojok tak terlihat mata. Tuhan bersembunyi, takut pada segala sesuatu yang terang. Tuhan tengkurap atau berbaring, atau menerawang jauh dan kosong. Tuhan berbalut kain robek, kotor dan bau, beralas kardus dan koran bekas. Tuhan mengais-ngais sampah mencari sisa makanan yang semoga belum basi. Tuhan merintih, perutnya melilit minta diisi tapi cuma ada angin dan air comberan. Tuhan yang disembah-sembah dengan khusyuk di mesjid dalam jamaah yang wangi dan bersih, menggigil kedinginan dimangsa angin malam yang jahat.

Tuhan menyapa kita semua dengan tatap mata kesakitan, kita menutup hidung dan pura-pura memandang kelap kelip lampu reklame di pertokoan raksasa. Tuhan menyingkir di pohon besar tempat orang kencing diam-diam, menikmati bau pesingnya dalam kesedihan yang tak terperikan.

Tuhan sering hadir tak seperti persangkaan kita. Tuhan sering menyelinap menggoda. Kita yang harus membuka mata dan hati lebar-lebar agar kehadiran-Nya dalam hidup kita tak sia-sia. Kita bilangnya muslim, atau mukmin bahkan pemuka agama, membaca Qur'an fasih dan ber-umroh puluhan kali. Tapi saat Tuhan menengadahkan tangan, kita tak paham malah menyapa,"Maaf tak punya uang recehan..."

Tuhan tak marah saat kita nilai lebih rendah dari recehan. Tapi alam semesta yang tak rela. Ketika Sang Pencipta tak disapa dengan cinta, maka Iapun pergi membawa kasih sayang-Nya. Dibiarkannya hamba yang tak peduli, yang tak menyapa, yang tak terbuka hatinya. Dibiarkannya dalam kesulitan hidup yang ia ciptakan sendiri, karena egoisme yang tumbuh dari keserakahan hatinya.

"Mengapa tak Kau jawab doa-doa kami ya Tuhan yang Maha Pengasih? Mengapa tak Kau selamatkan kami dari pemimpin yang dholim? Mengapa tak Kau tunjukkan jalan kami dengan cahaya-Mu? Mengapa Kau tinggalkan kami dalam masalah besar yang tak mampu kami selesaikan?"

Bagaimana doa kita akan didengar kalau saat Ia menyapa kita selalu membuang muka?

Comments

Anonymous said…
Mas...ariefboediman...
hmmm...salut dg anda krn sebelumnya ak juga sering baca bbrp artikel motvasi dan spiritual disini,tp maaf jg sebelumnya, krn setelah aku baca yg ini, ada sesak di dadaku...ada tangis dalam hati ku karena kau saudaraku seiman semuslim tapi ketika aku baca artikel ini, hmm...aku pun tregerak utk segera ngasih koment utk artikel ini...hmm tampaknya ada yg tersinggung sebagai seorang muslim ketika TUHAN atau Alloh yg kita sembah diaktakan ada diemperan jalan?
kok...beda dg Alqur'an! Alloh ada di Arsy bukan diemperan jalan cukup hina Alloh yg begitu Mulia dg singgasananya mas bilang ada diemperan jalan? tak tahu juga apa maksud mas arief...semua temen2 yg baca artikel ini pun sedih ketika mas menuliskan artikel ini dan mas adalah saudara kita "seorang muslim" tolong di ganti nama TUHAN itu dg yg lain,krn jika orang salah mengartikan dan penafsiran bisa jadi ini adalah bentuk pelecehan thd ALLOH, apa mungkin mas arief yg sudah terlalu pintar sehingga bahasa perumpamaan yg mas tuliskan bahasa tingkat tinggi yg hanya bisa dipahami oleh org semacam mas? tp bagi kami yg dangkal ilmu janganlah mas itu penghinaan bagi kami karena Alloh tuhan kami sungguh tak serendah itu, Alloh TUHAN kami adalah Rabb semesta Alam yg selalu SUCI dan segala puji baginya DIA bersemayam di Arsy yg akan selalu memperhatikan setiap hambanya yg beriman dan bertaqwa kepadaNYA, melapangkan rizkinya dan mudah baginya utk mengabulkan do'a hambanya, tergantung atas rahmat dan ridlonya dan bagi setiap hamba yg mau benar benar ikhlas dan tulus menghamba kepadanya tentunya mudah bagiNYA utk mengabulkan do'a dan ALLOH benar2 maha tau mana dan apa yg terbaik buat Hambanya yg beriman dan bertaqwa...POsitif thinking aja dg Alloh mas! karena setiap persangkaan yg baik mnrt kita blom tentu baik menurut ALloh dan apa yg menurut kita buruk belum tentu juga Buruk buat Anda bagio ALloh, jd positif thinking aja atas apa2 yg telah Alloh tentukan...tetaplah selalu pada jalanNYA utk senantiasa beriman dan bertaqwa pada NYA dan gunakan perumpamaan2 yg lebih sopan dan baik dan sungguh betapa teganya anda menempatkan tuhan serendah dan sehina itu...cukup mas arief dan kami harap anda beristighfar krn telah buat salah paham thd kami umat muslim brngkali...tapi kami juga berharap semoga maksud anda menuliskan seoperti itu tdk seperti yg kami maksud semoga,...tapi ada baiknya diganti aja nama TUHAn dg perumpamaan yglain,...saya ari yg baru belajar memaknai hidup ini dan hakekat keberadaanNYA serta tujuan segala penciptaaNYA.maaf mas arief yah aku tetep CINTA DG MAS ARIEF karena mas MUSLIM tho...he...he..I love YOU Dhub...
Mmm, terima kasih Mas atau Mbak (?) atas comment-nya yang panjang dan serius, saya tersanjung. Tapi mari kita sedikit diskusi, menurut saya Tuhan (atau Allah karena saya 100% Muslim) tidak hanya bersemayam di 'arasy tapi juga di kedalaman hati kita, di gubuk reyot dan di kolong jembatan menemani hambaNya yang kelaparan.

Dalam satu riwayat, seorang Nabi pernah diminta kaumnya untuk mengundang Tuhan hadir dalam jamuan makannya: untuk menguji. Sang Nabipun menghadap Tuhannya dan bertanya apakah Ia berkenan hadir. Ya, aku akan datang kata Tuhan.

Lalu disiapkan makanan dan minuman yang lezat-lezat, beberapa saat sebelum acara mulai muncullah seorang pengemis kumal yang kelaparan. Karena saking sibuknya, iapun dicuekin. Nabi itu malah menyuruhnya menimba air dan hanya memeberikan sisa makanan.

Saat jamuan dimulai dan semua orang menunggu lama, Tuhan tak jadi hadir. Sang Nabipun mendapat hinaan dari kaumnya karena dianggap berbohong.

Besoknya Sang Nabi protes dan berkata,"Kok Tuhan ingkar janji? Katanya kemarin akan datang di jamuan?"

Tuhan menjawab,"Aku datang kok, dengan perut kelaparan karena ingin ikut jamuan. Tapi engkau malah menyuruhku mengambil air. Begitukah caramu menghormati tamu yang diundang?"

Lemaslah Sang Nabi, ternyata Tuhan hadir tidak seperti yang Ia sangka. Tuhan hadir dalam sosok yang tak terhormat, yang tak dianggap, yang dicuekin.

Tuhan meliputi segalanya, tak hanya yang terlihat bersih, baik dan indah. Tuhan tak pilih kasih, Tuhan yang saya yakini tak jauh-jauh dari mereka yang terpinggirkan. Itulah Tuhan saya, Allah SWT yang saya pahami. Saya tidak sedang menghina siapapun dengan tulisan saya, apalagi Tuhan. Saya hanya ingin kita peka dan membuka mata hati lebar-lebar saat Tuhan hadir menyapa sehingga kita tak kecewa seperti kisah Nabi tadi. Lebih kurangnya mohon maaf...

Popular posts from this blog

Kunci Sukses Bisnis (3)

Sempat terjadi dalam periode kehidupan saya saat awal-awal bersama teman-teman memulai Petakumpet, waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Hari-hari itu begitu melelahkannya, rasanya tak kuat saya menyelesaikan begitu banyak tanggung jawab menyangkut komunitas, pekerjaan, kehidupan persoanl saya yang berantakan. Saya pun mengadu pada Allah,"Ya Allah, jika sehari bisa lebih dari 24 jam rasanya saya akan punya kesempatan lebih banyak untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya..." Tapi rasanya Allah tak mendengar doa saya. Atau saya nya yang tak punya kemampuan mendengarkan-Nya. Pekerjaan seperti nya mengalir tak habis-habis, ada duitnya emang, tapi duit nya pun mengalir lancar keluar tak pernah terpegang barang sebentar. Hidup saya begitu capeknya, badan pegel-pegel tiap malam, Sabtu Minggu pun dihajar pekerjaan. Saat-saat seperti itu, saya melihat buku karangan Stephen Covey The Seven Habits of Highly Effective People di Shopping Center (pusat buku murah) Jogja. Dengan

Jadual Diskusi dan Bedah Buku

Berikut beberapa jadual diskusi, talk show atau bedah buku yang udah masuk di Bulan Ramadhan (September) sekaligus menjawab beberapa imel yang menanyakan ke saya kapan ada diskusi buku Jualan Ide Segar: Bedah Buku Jualan Ide Segar (M. Arief Budiman) dan Mata Hati Iklan Indonesia (Sumbo Tinarbuko) di Diskomvis FSR ISI Yogyakarta. Kamis, 11 September 2008 jam 15.00 - 18.00 WIB. Juga menampilkan Sujud Dartanto sebagai pembahas. Untuk Mahasiswa ISI Jogja dan Umum (Free) Ngopi Bareng Penjual Ide Segar di Melting Pot, Sabtu, 13 September 2008, 20.00 - 22.00 WIB, Untuk Umum HTM Rp 15.000,- (Free 1 cup Coffee) Sarasehan Keajaiban Berbisnis Ide di ADVY (Akademi Desain Visi Yogyakarta), Senin, 15 September 2008, 09.00 - 12.00 WIB, untuk Mahasiswa ADVY (Free) Yang segera menyusul adalah Diskusi dan Bedah Buku di Jurusan Komunikasi UGM, semoga juga bisa terlaksana di Bulan September ini. Buat temen-temen silakan hadir untuk meramaikan proses belajar kreatif yang tentu saja sangat fun dan menyena

Filosofi Ember

Mengapa kita yang telah bekerja keras dari pagi buta sebelum subuh sampai lepas Isya' bahkan larut malam sampe rumah, tapi rezeki tetep seret? Mengapa kita telah membanting tulang sampai capek-capek pegal tapi ATM  tetap kosong dan tiap tengah bulan keuangan masih minus? Mengapa uang yang puluhan tahun kita kumpulkan sedikit demi sedikit tiba-tiba habis tandas didongkel maling saat kita pergi? Mengapa kita sakit-sakitan tak kunjung sembuh? Mengapa hidup ini makin lama makin sulit kita jalani dan rasa-rasanya kebahagiaan itu cuma milik orang lain dan bukan kita? Saya mengalami sendiri sulitnya mencari jawaban, saat pertanyaan di atas tak sekedar memenuhi kepala saya tapi menyatu dalam setiap tarikan nafas saya. Rasa bingung itu, capek itu, gelapnya perasaan saat membentur dinding yang tebal dan tinggi, sesak nafas saat masalah-masalah memuncak. Pencarian itu membawa saya pada sebuah benda: ember .  Ember? Kok? Bagaimana bisa ember menjawab persoalan seberat