Mybothsides

Monday, October 8, 2007

Blank!

Kadang ada waktu-waktu tertentu ketika kita merasa blank, gak tahu mau ngapain, bingung mesti gimana, mengerjakan hal yang remeh temeh padahal ada tugas besar yang harus diselesaikan. Jadinya malah bengong, gak ngapa-ngapain. Plus rasanya males banget, bahkan untuk tidur aja masih males. Ayo, siapa yang pernah ngalamin pegang mouse-nya... (nah, banyak yang pegang kan?)

Sebenernya ini gejala wajar. Sangat manusiawi sehingga tak perlu kuatir. Kalo di komputer ini seperti proses download atau upload. Terlihat di monitor gak ngapa-ngapain kecuali kedip-kedip doang, tapi sebenernya di internalnya kerja keras luar biasa. Jika kapasitasnya gak kuat, bisa hang deh komputernya.

Nah, jika suatu hari (ini bisa berlangsng berhari-hari bahkan berminggu-minggu) mengalami kondisi seperti ini: pikiran kita jangan dipaksa. Apapun pekerjaannya, segawat apapun, tinggalkan dulu sementara, bener-bener dilupakan. Lalu kerjakan hal-hal yang menjadi kesukaan kita, hobi misalnya. Atau sekedar bengongpun ok. Atau jalan keluar makan di angkringan. Atau kabur ke tepi pantai (buat yang rumahnya deket pantai). Intinya, segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan persoalan yang memberatkan pikiran kita. Tujuannya, ya biar gak hang: nanti lebih repot. Biar relaks, biar gak tegang.

Kalo saya lebih senang untuk mengikuti irama hati: asal masih dalam batas wajar, saya ikuti aja maunya keinginan dan tubuh saya. Kalo pengin tidur, saya puas-puasin tidur sampe sehari semalam kalo perlu. Sampe bosen tidur pokoknya. Kalo mau nonton film, nonton aja. Kalo mau sendiri di pinggir sawah sampe malem, ya ayo aja. Selalu ada mentalitas anak kecil di diri kita yang kadang harus kita penuhi keinginannya. Karena setelah itu melewati titik ambang batasnya - percayalah - air bah ide dan kreativitas akan membanjiri hari-hari selanjutnya: sampai kita kehabisan waktu, sampai kita lupa bahwa pernah blank beberapa hari sebelumnya.

Begitulah, selamat menikmati kebengongan. Selalu bersyukur dan tetap semangat!

No comments: