Mybothsides

Wednesday, June 13, 2007

100% Support Pinasthika 100% Indonesia


2 comments:

saiffullah said...

Mas Budiman yang Arief...
Sebagai fans yang selalu mengikuti blog mu saya ada sedikit pertanyaan nich mas...

saya kan kerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi lingkungan, nach selain kerja saya juga freelance dan salah satunya di Indosat cab. Bogor. Selama ini hubungan baik-baik saja, tapi saat ini ada sedikit kendala masalah badan usaha, sebab jika ada proyek yang bersifat penunjukan langsung harus terdaftar dulu di indosat pusat, nah masalahnya saya kan sebagai individu. Bisa gak ya kita sebagai freelance hanya mempunyai NPWP pribadi aja? Mas Arief pernah dapetin kasus kayak gitu gak? Bukannya saya keberatan buat badan usaha mas, tp biaya desain yang saya ajukan tidak bisa menutupi biaya pembuatan badan usaha itu.
Trims Mas....

M. Arief Budiman said...

Mas Saiffullah, Petakumpet dulu juga begitu. Kita dipaksa oleh kondisi untuk jadi Perseroan (PT)pada tahun 2003, karena makin banyak klien yang minta syarat NPWP, badan usaha dan semacamnya. Padahal sejak 1995 kita udah mulai usaha dan untung banyak pula. Sejak jadi PT, kita mulai bayar pajak yang jumlahnya pasti lebih besar dari biaya telpon maupun listrik bulanan.

Ini namanya resiko terukur, Mas. Tapi kalo masih pengin freelance mending menggandeng teman yang punya badan usaha. Tapi kalo pengin lebih besar dan melayani klien nasional macam Indosat ya mesti siap konsekuensinya bikin badan usaha sendiri. Btw, qta juga melayani Indosat loh: di Jogja, Solo, Tegal, Purwokerto, dll.

Salam dan semoga makin sukses melayani permintaan klien-kliennya :)