Mybothsides

Saturday, September 16, 2006

Saatnya Belajar Bikin Iklan Lagi

Dari mulai Rabu udah di Mercure Hotel, Ancol untuk mengikuti rangkaian acara Citra Pariwara. Baru nyampe Jogja tadi malam. Beberapa kegiatan yang diadakan cukup menarik, terutama seminarnya: para pembicaranya top semua dan materinya sangat menarik buat refresh otak yang lama beku karena kurang update. Exhibition-nya juga keren, baik pameran iklan internasionalnya maupun pameran entry CP 2006. Tapi yang bikin betah justru lokasinya yang persis di pinggir laut, saya bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan halaman buku setiap sore di pantainya.

Just info, entrynya ada 850. Lebih sedikit daripada Pinasthika tahun ini (1024 entry). Tapi pasti banyak faktor penyebabnya, misalnya harga entry yang relatif mahal.

CP 2006, sekali lagi bukan ajang awarding yang cukup friendly buat Petakumpet. Dari 4 entry yang kita kirim (KR Versi Pincang BerhatiEmas, KR Versi Punk Mulia, Jogja Dogdayz Anjing Terbang & Jogja Dogdayaz Anjing Kencing), tak satupun yang masuk list finalis. Dan tanpa pernah diduga: Perwanal Saatchi & Saatchi tampil sebagai Agency of The Year, menyalip Lowe dan JWT. Zaini dan Hakuhodo dapet 2 bronze. Medcom lewat TVC Kecap Belibis dapat silver, Telesklebes dapet bronze TV PSA. Prestasi alumnus Pinasthika masih mengulang tahun lalu, 1 silver 1 bronze.

Memang banyak kejutan terjadi, BBDO Indonesia kabarnya gak bawa metal satupun. Begitu pula Playgroup yang berjaya tahun kemarin. Juga Srengenge. Dan Petakumpet yang masih stag, terhenti pada titik puncak Pinasthika saja. Terlepas bahwa banyak agency besar pulang bawa angin, hasil yang diraih Petakumpet tentu sangat mengecewakan. Saya paling benci menerima kekalahan. Kekalahan itu merusak nature saya, merusak kebiasaan saya untuk selalu berusaha mencapai yang terbaik. Kekalahan membuat kepala saya pening. Meskipun untuk itu semua, saya lebih memilih bercermin daripada menyalahkan orang lain. Saya pastikan kesibukan saya akan bertambah dengan menggali kekurangan yang masih ada di internal.


Kebencian dan kemarahan atas prestasi yang buruk itu akan jadi bahan bakar untuk menghasilkan yang lebih baik di CP tahun depan. Sekali lagi selamat buat semua pemenang, semoga bisa berprestasi lebih baik tahun depan. Jika tidak, tentu kami yang akan mengambil kesempatan. Kami bener-bener lapar untuk bawa pulang award dari CP. Mungkin lebih dari sekedar lapar.

Sementara ini, sambil menunggu waktunya tiba untuk berkompetisi kembali tahun depan: saya dan teman-teman kreatif harus belajar bikin iklan lagi. Good - aja - is not enough, apalagi kalo ndak good!

No comments: