Mybothsides

Saturday, July 8, 2006

Tuhan Menganggur

Yang biasanya membuat hidup ini menjadi lebih sulit dijalani, seringkali karena kita terlalu serius memikirkannya. Bukannya berpikir serius itu salah, tapi terlalu-nya itu lho. Misalnya tentang Piala Dunia, setelah tim yang dijagokan keok: maka seolah Piala Dunia dengan segala gegap gempitanya tidak menarik lagi. Atau Ujian Nasional: setelah tidak lulus maka seolah belajar tidak perlu lagi. Atau tentang bantuan korban bencana alam: kalo gak nerima bantuan seolah hidup sudah berakhir.

Tapi meskipun kita mati besok pagi, berani taruhan dunia ini akan jalan terus. Meskipun Jogja diguncang gempa dahsyat sekali lagi, pasti masih ada yang akan membersihkan puingnya untuk lalu bangkit kembali. Meskipun ujian nasional diulang lagi, kalo emang kemampuannya mepet ya tetep harus mengulang.

Bukannya kejam, tapi dunia ini memang tidak pernah memberi tempat yang nyaman buat mereka yang manja. Jangan terbiasa mengasihani diri sendiri. Jangan juga memikirkan apapun terlalu serius sampai tidak bisa berbuat apa-apa. Berani hidup artinya berani ambil resiko. Orang meninggal aja masih ada resiko bisa dikuburkan dengan layak atau tidak, apalagi yang hidup. Kesalahan atau kegagalan itu biasa, namanya juga hidup.

Jalani aja semua ini dengan penuh cinta dan terima kasih. Kita punya pilihan untuk mengubah sebagian takdir kita agar jadi lebih baik. Sebagiannya yang lain yang tak bisa kita ubah diikhlasin aja: biar diurusin ama Tuhan.

Jangan dipikirin semua nanti tambah stres, juga kurang ajar. Masa' kerjaan Tuhan kita rebut juga. Nggak keren ah kalo Tuhan jadi pengangguran...

Notes: Tapi ngomomg-ngomong: kenapa saya jadi sewot begini?

5 comments:

firman said...

jadi ingat postingan saya tentang merasa penting.

M. Arief Budiman said...

Saya barusan baca postingannya Mas Firman 'Merasa Penting' dan sangat setuju: ada benang merahnya. Mungkin karena saya juga pernah baca Tuesday With Morrie (tapi versi Indonesia-nya). That book is very very inspiring..

Anonymous said...

I love your website. It has a lot of great pictures and is very informative.
»

Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»

Anonymous said...

terimakasih! posting ini telah membuat saya tambah bersemangat! saya kebelakangan ini merasa hidup terlalu sukar, hingga terasa malas menjalaninya.. tetapi apa erti hidup andai tidak berisiko.

samada org suka atau tidak, jalani sahaja hidup ini.. semua ketetapan ini adalah tetapan ilahi yang harus untuk diredhai