Mybothsides

Thursday, July 6, 2006

Catatan Dari IYDEY 2006



Sepuluh finalis dari empat sektor desain telah terpilih dalam kompetisi International Young Design Entrepreneur of the Year 2006 (IYDEY). Dari sembilan finalis yang akhirnya hadir dalam penjurian final ini, telah terpilih seorang pemenang yang akan mewakili Indonesia dalam pameran “100% Design Show” di London, Inggris.

Berikut ini daftar nama finalis IYDEY yang hadir pada penjurian babak final berdasarkan abjad:
1. Andi S. Boediman, Admire & Digital Studio
2. Denny Willy, Product Design
3. Djoko Hartanto, Kineto & Majalah Concept
4. Oky Kusprianto, Architect/Interior
5. Leonard Theosabrata, Product Design
6. M. Arief Budiman, Petakumpet
7. M. Ridwan Kamil, Architect, Urban Design

8. Wahyu Adhitya, Hello;Motion
9. Wisman Tjiardy, Netpolitan


Juri di babak final ini adalah: Hermawan Tanzil (Leboye), Irwan Kamdani (PT Datascript), Isandra Madin (Andra Matin Architect), Kafi Kurnia (Marketing Consultant), Yudhi Soerjoatmodjo (British Council)

Pengumuman pemenang IYDEY 2006 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2006 sore di JK7 Club, Hotel Grand Flora Kemang, Jakarta Selatan. Setelah melalui sesi penjurian selama dua hari, juri menentukan pemenang IYDEY 2006 adalah M. Ridwan Kamil. Beberapa hasil karyanya yang dinilai memberikan sumbangan yang besar untuk masyarakat dan industri desain menjadi salah satu alasan kuat M. Ridwan Kamil terpilih sebagai pemenang. Ia akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Inggris dengan para pemenang IYDEY 2006 dari sembilan Negara peserta lainnya bulan September 2006 mendatang.


Behind The Secene

Mengetahui bahwa yang terbaik dari kita semua akhirnya menang adalah sebuah keindahan yang tak terbayangkan. Dan sportivitas mengajarkan itu dari setiap pertandingan: yang menang dan yang kalah akan saling menghormati dengan tulus.

More than everything, adalah sebuah kebahagiaan bisa bertemu, mengenal dan memahami tujuan-tujuan unik (seringnya malah aneh) dari anak-anak muda yang terbaik di bidangnya. Siapa yang tak kenal Andi S. Boediman sang Master Photoshop? Lalu Djoko Hartanto dengan Concept-nya? Ridwan Kamil dengan Rasuna Epicentrumnya? Lalu Adit dengan video klip animasinya untuk Padi (Bayangkanlah)? Tapi siapa ya yang kenal M. Arief Budiman, yang setiap kali posting terus berusaha memperkenalkan dirinya dengan cara yang norak begini?

(Anda masih membaca postingan ini? He he he.. Syukurlah)

Apakah Anda tahu apa visi mereka bagi industri kreatif Indonesia atau bahkan bagi dunia? Saya beruntung mengetahuinya lebih dulu. Tapi dari pembicaraan dengan teman-teman saya yang jenius tadi, mungkin dalam waktu dekat Indonesia akan mengetahuinya karena kita ingin ada sebuah gerakan riil untuk mulai membangun creative industry yang selain karena kehebatan kreativitasnya juga makin dilirik investor karena peluang bisnisnya yang sangat menguntungkan.

Masa depan dunia kreatif Indonesia akan banyak ditentukan apa yang dilakukan anak-anak muda kita, dari belahan Indonesia manapun atau bahkan yang sekarang masih di luar negeri. Misalnya sang juara IYDEY, Mas Ridwan Kamil itu udah 8 tahun di Amerika, pulang ke Bandung dengan konsep arsitek yang bikin merinding karena kedahsyatan desainnya serta kepeduliannya yang luar biasa terhadap lingkungan dan penghuninya. Kliennya hampir dari seluruh dunia semuanya dikerjakan via internet. Saat dia menunjukkan peta dunia, ada puluhan titik merah menyebar dari Dubai sampai Shanghai: kliennya semua. Dahsyat, man!

Welcome to the new world, young people.

Saya berangkat mengikuti final IYDEY dengan harapan bisa mengejutkan juri dan beberapa finalis: dan memang itu terjadi. Tapi saya ternyata malah terkejut-kejut ketika tahu bahwa ide saya hanyalah mercon kecil diantara ledakan para ahli bom kreativitas!

Sayapun pulang ke Jogja dengan satu misi besar yang memenuhi otak saya: saya tidak ingin dipermalukan seperti ini oleh diri saya lagi karena terlambat mengejar kereta ke masa depan. Dan sekarang - orang-orang hebat ini - telah berkumpul di satu forum. Kami membentuk semacam master mind untuk saling belajar, mendiskusikan ide-ide baru dan aplikasinya.

Dan Anda semua juga jangan hanya menunggu. Kerjakan apa yang terbaik di bidang Anda sekarang. Kita akan berkolaborasi dan bekerja bersama-sama. Indonesia itu gudangnya orang kreatif lho. Dalam sepuluh tahun ke depan, kita bisa sangat sangat kaya melalui industri kreatif ini.

Bukan dengan korupsi. Itu kuno, ndhesit! Masuk neraka lagi!

5 comments:

Anonymous said...

Here are some links that I believe will be interested

--ambar-- said...

great....keep up man

Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»

Anonymous said...

Great site loved it alot, will come back and visit again.
»

Ridwan Syafaruddin said...

"Saat dia menunjukkan peta dunia, ada puluhan titik merah menyebar dari Dubai sampai Shanghai: kliennya semua. Dahsyat, man!"
wedyaannn keren banget