Skip to main content

Setelah Pesta Usai

24 Juli 2004, pukul 20.00 WIB. Ada keriuhan di garden Jogjakarta Plaza Hotel. Sebuah panggung berdiri megah. Di kanan kirinya terlihat maskot mumi memegang piala di-print di atas colybrite berukuran besar dan tepat di tengah-tengah backdrop panggung terpampang tulisan besar: Show Up Nite. Juga 2 buah giant screen tempat penayangan multimedia. Di belakang panggung, tampak para kru menyiapkan segala sesuatunya. Muka-muka tegang dan berkeringat mengawasi seluruh peralatan, memastikan semuanya telah terpasang dengan tepat sehingga tidak terjadi gangguan sekecil apapun.

Ketegangan juga terlihat di deretan kursi undangan yang ditutup tenda besar dimana para tokoh iklan dari daerah maupun nasional berada. Malam itu adalah puncak dari rangkaian acara Pinasthika Ad.Festival 2004 yang terdiri dari lomba karya iklan, pameran, pemutaran film iklan, seminar kreatif dan meet the jury. Lebih dari 500 pasang mata dan puluhan kamera wartawan media cetak dan televisi berfokus ke panggung.

Malam itu 57 piala dan 10 penghargaan khusus Pinasthika Award 2004 dibagikan kepada yang berhak, dalam euforia pesta insan kreatif yang menerimanya. Dengan berbagai macam kostum unik yang dikenakannya, dari anoman, buto cakil, batik funky sampai properti berbentuk peniti yang berukuran super besar. Mengambil posisi tepat di depan panggung, mereka berekspresi sangat atraktif setiap namanya disebut sebagai pemenang. Mereka yang hadir menjadi saksi atas megahnya pesta pamungkas yang telah dipersiapkan dengan kerja keras berbulan-bulan sebelumnya. Yang telah diramaikan dengan hiruk pikuk kampanye promosi yang di-support penuh oleh puluhan media lokal maupun nasional, yang gaungnya terasa jauh lebih besar dari pelaksanaan Pinasthika tahun-tahun sebelumya, bahkan acara Citra Pariwara di Jogja 2002 lalu.

Setelah Pesta Usai


Seiring langkah para hadirin yang meninggalkan panggung tempat dilangsungkannya malam anugerah penghargaan Pinasthika Award 2004 itu, satu persatu kursi dilipat, panggung dirobohkan dan para pengisi pentas terduduk kelelahan. Sisa-sisa snack, gelas aqua yang bertebaran mulai dibersihkan agar besok pagi saat matahari terbit garden telah kembali kosong seperti semula. Pentas yang megah itu akan tinggal senyap.

Para peserta akan pulang ke tempatnya masing-masing. Ada yang bikin acara syukuran menikmati kemenangan, beberapa ada yang mungkin kecewa karena belum berhasil membawa pulang piala, sebagian yang lain mulai berpikir keras bagaimana menjadi yang terbaik untuk tahun depan. Menyusun strategi untuk menghasilkan output kreatif yang berjaya, mulai sibuk merayu klien agar kooperatif membuat iklan yang ‘berkelas’, sehingga layak diikutkan ajang Pinasthika Award tahun depan.

Pekerjaan Rumah


Ada kecenderungan menarik di daerah yang mungkin berbeda sekali situasinya dengan yang ada di Jakarta. Mayoritas biro iklan daerah, masih hidup dengan hanya mengandalkan diskon pemasangan iklan di media. Apresiasi yang masih rendah di kalangan para pengguna jasa promosi dan periklanan juga menjadi barrier yang cukup tinggi bagi pengembangan kreativitas biro iklan. Menjadi pekerjaan rumah yang harus cepat dipecahkan. Salah satunya adalah dengan mengadakan Pinasthika Ad.Festival ini. Agar tercipta jaringan kerjasama di antara para biro iklan daerah, yang haqqul yaqin tak akan bisa berjuang sendirian untuk mendapatkan bargaining positioning yang lebih ‘manusiawi’ di depan kliennya. Kebersamaan adalah kunci untuk mendapatkan daya tawar yang lebih tinggi.

Kompetisi ini juga sangat penting untuk makin mendekatkan jarak kemampuan kreatif insan daerah dengan kakak-kakak kelasnya di Jakarta, terutama perusahaan periklanan multinasional yang memang telah cukup matang. Parameter standarisasi kreatif iklan daerah mulai ditegakkan, sehingga diharapkan grafik kualitasnya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi dengan wacana yang sudah mulai beredar saat ini tentang akan dibukanya kategori/kelas bebas untuk para peserta dari Jakarta non afiliasi pada Pinasthika Ad.Festival tahun depan. Ini tentu sebuah nilai plus, yang akan menantang insan kreatif daerah untuk makin mengasah kemampuan kreatifnya lebih tajam lagi.

Visi ke Depan

Tantangan kompetisi yang lebih besar lagi tergelar di depan mata, meskipun kita masih terperangkap dalam keterbatasan kemampuan yang ada. Minder adalah alasan paling klasik bagi orang daerah untuk tetap sembunyi di kolong tempat tidur, ogah naik ring karena takut kalah. Memilih tidak mengambil jalan menanjak dengan mengikuti kompetisi iklan di tingkat yang lebih tinggi, mungkin akan membuat hidup kita di daerah jauh lebih tenang. Tak perlu repot-repot buka website untuk melacak perkembangan iklan terbaru, tak perlu mengirim staf ke seminar kreatif, tak perlu ikutan Creative Workshop, tak usah ke Thailand menghadiri Adfest atau bayar mahal-mahal nonton Clio Award. Yang penting bisnis itu untung, untung, untung. Tapi apakah kita puas hanya sampai di sini?

Apa sesungguhnya visi kita ketika memutuskan mendirikan sebuah biro iklan dan bukannya perusahaan mebel, toko sepeda, cuci cetak foto atau agen peragawati? Visi ini sangat penting untuk mengarahkan pandangan dan langkah kaki kita ke depan, agar tidak menuju ke tempat yang salah.

Saya ingat Tibor Kalman, seorang mantan praktisi periklanan Amerika yang kemudian mengabdikan dirinya untuk menentang iklan-iklan yang dia rasakan makin meng-hegemoni masyarakat banyak. Tibor pernah berkata: If you believe in your ideas, money will follow. If you pursue money, you should fail.

Sekedar untuk introspeksi: apakah tujuan kita bekerja dari pagi sampai sore – kadang ditambah lembur – itu untuk mendapatkan output kreatif terbaik ataukah sekedar untuk mendapatkan keuntungan (baca: uang) yang terus meningkat semata? Kualitas output kreatif kita akan menjawabnya sendiri.

Pinasthika Ad.Festival yang baru saja usai hanyalah satu tonggak untuk menandai perjalanan kreatif insan daerah ke depan. Citra Pariwara, Adfest, Cannes Lions, Clio Award adalah tonggak-tonggak selanjutnya, yang tentu saja lebih berat lagi tantangannya. Terus menerus berkarya untuk menjadi lebih baik membutuhkan lebih dari sekedar kecerdasan dan kerja keras, tapi juga konsistensi justru ketika keberhasilan tidak bisa diraih dengan cepat. Dengan gemerlap pesta yang baru saja usai, proses perjalanan panjang itu sebenarnya sedang dimulai…

Yogyakarta, 17 Agustus 2004

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Sukses Bisnis (3)

Sempat terjadi dalam periode kehidupan saya saat awal-awal bersama teman-teman memulai Petakumpet, waktu 24 jam sehari rasanya tak cukup. Hari-hari itu begitu melelahkannya, rasanya tak kuat saya menyelesaikan begitu banyak tanggung jawab menyangkut komunitas, pekerjaan, kehidupan persoanl saya yang berantakan. Saya pun mengadu pada Allah,"Ya Allah, jika sehari bisa lebih dari 24 jam rasanya saya akan punya kesempatan lebih banyak untuk menyelesaikan semua tanggung jawab saya..." Tapi rasanya Allah tak mendengar doa saya. Atau saya nya yang tak punya kemampuan mendengarkan-Nya. Pekerjaan seperti nya mengalir tak habis-habis, ada duitnya emang, tapi duit nya pun mengalir lancar keluar tak pernah terpegang barang sebentar. Hidup saya begitu capeknya, badan pegel-pegel tiap malam, Sabtu Minggu pun dihajar pekerjaan. Saat-saat seperti itu, saya melihat buku karangan Stephen Covey The Seven Habits of Highly Effective People di Shopping Center (pusat buku murah) Jogja. Dengan

Jadual Diskusi dan Bedah Buku

Berikut beberapa jadual diskusi, talk show atau bedah buku yang udah masuk di Bulan Ramadhan (September) sekaligus menjawab beberapa imel yang menanyakan ke saya kapan ada diskusi buku Jualan Ide Segar: Bedah Buku Jualan Ide Segar (M. Arief Budiman) dan Mata Hati Iklan Indonesia (Sumbo Tinarbuko) di Diskomvis FSR ISI Yogyakarta. Kamis, 11 September 2008 jam 15.00 - 18.00 WIB. Juga menampilkan Sujud Dartanto sebagai pembahas. Untuk Mahasiswa ISI Jogja dan Umum (Free) Ngopi Bareng Penjual Ide Segar di Melting Pot, Sabtu, 13 September 2008, 20.00 - 22.00 WIB, Untuk Umum HTM Rp 15.000,- (Free 1 cup Coffee) Sarasehan Keajaiban Berbisnis Ide di ADVY (Akademi Desain Visi Yogyakarta), Senin, 15 September 2008, 09.00 - 12.00 WIB, untuk Mahasiswa ADVY (Free) Yang segera menyusul adalah Diskusi dan Bedah Buku di Jurusan Komunikasi UGM, semoga juga bisa terlaksana di Bulan September ini. Buat temen-temen silakan hadir untuk meramaikan proses belajar kreatif yang tentu saja sangat fun dan menyena

Al Fatihah Cahaya Kehidupan

Hidup kita ini diawali dengan kesederhanaan dan akan diakhiri dengan kesederhanaan. Sehingga cara terbaik untuk menjalaninya pun dengan kesederhanaan. Manusia seringkali menilai penampilan luar yang jika kita mengikuti penilaian itu akan memboroskan jiwa raga. Tapi Allah melihat ke dalam hati kita, ke kesejatian, ke kesederhanaan. Hal sederhana yang sangat dekat dengan keseharian kita sebagai muslim adalah Surat Al Fatihah yang kita baca minimal 17 kali sehari dalam sholat. Insya Allah jamaah sekalian telah hafal luar kepala bacaannya beserta artinya. Tapi dalam kesempatan ini, saya akan mencoba mengupas makna ayat-ayat indah dalam Surat Al Fatihah ini dari sudut pandang saya, sudut pandang yang sehari-hari, yang sederhana. Tapi sebelumnya saya akan menceritakan sebuah kejadian nyata yang berhubungan dengan Surat Al Fatihah, yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Malam itu jam 20.00 saya dan Mas Andika DJ (CEO Syafaat Marcomm) harus ijin pulang dulu dari sebuah rapat di